Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cedera Ketika Bercinta Saat Kunker, PNS Australia Minta Ganti Rugi

Kompas.com - 30/10/2013, 17:00 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.com — Tuntutan ganti rugi seorang pegawai negeri di Australia yang mengalami cedera saat berhubungan seks di sebuah motel di tengah kunjungan kerjanya ditolak pengadilan, Rabu (30/10/2013).

Peristiwanya sendiri terjadi pada 2007. Saat itu, pegawai perempuan yang tidak disebutkan namanya ini sedang melakukan kunjungan kerja karena ditugaskan kantornya, ComCare, badan Pemerintah Australia yang menangani isu kecelakaan kerja.

Peristiwa itu terjadi di sebuah motel di salah satu kota kecil di New South Wales yang dipesan atas nama ComCare. Perempuan berusia 30-an tahun ini kemudian melakukan hubungan seks dengan rekan kerjanya. Namun, lampu di kamar motelnya terjatuh dan menyebabkan dia terluka.

Perempuan ini menyatakan lampu itu jatuh ke wajahnya, mencederai hidung, mulut, dan giginya. Dia harus dibawa ke rumah sakit akibat insiden itu. Sebenarnya, ComCare telah menyatakan akan membayar tuntutan ganti rugi, tetapi belakangan membatalkannya.

Pada April 2012, perempuan ini memenangkan putusan banding atas tuntutan ganti ruginya.
Hakim banding John Nicholas saat itu mengatakan, perempuan ini tetap berhak mendapat ganti rugi sebab segala akibat aktivitasnya selama kunker tidak bisa dipisahkan dari penugasan yang dijalaninya.

Menurut hakim Nicholas, jika perempuan ini mengalami cedera saat bermain kartu di kamar motel itu pun, ia tetap berhak mendapat ganti rugi. ComCare mengajukan keberatan atas putusan banding ini ke Mahkamah Agung, dengan alasan, pengadilan banding keliru menghubungkan cedera yang dialami perempuan ini "saat ia sedang melaksanakan tugas".

Pengacara perempuan itu sebelumnya menyatakan, cedera yang dialami kliennya terjadi sebagai sesuatu yang normal dilakukan orang di kamar motel pada malam hari. Sementara lelaki yang berhubungan seks dengan perempuan itu menyatakan, "Saya tidak tahu apakah kami yang menyebabkan lampu itu terjatuh atau jatuh sendiri."

Pada Rabu ini, MA memutuskan, perempuan itu tidak berhak mendapat ganti rugi karena kecelakaan tersebut terjadi di luar jam kerja. Menteri Tenaga Kerja Australia Eric Abetz menyambut keputusan MA dengan mengatakan, ini merupakan kemenangan akal sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com