Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Naikkan 100 Persen Pajak Bandara

Kompas.com - 24/10/2013, 15:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Andai tak ada aral melintang, otoritas bandara Thailand (AoT) bakal menaikkan tarif pajak bandara. Menurut warta laman Bangkok Post pada Kamis (24/10/2013), kebijakan itu merupakan hasil rapat terkini AoT. "Pajak bandara itu berlaku bagi penumpang tujuan domestik maupun internasional,"kata Ketua AoT Sitha Thivaree.

Tak tanggung-tanggung, menurut hasil rapat itu, pajak bandara bakal naik 100 persen. Per penumpang destinasi lokal bakal membayar 200 baht. Sebelumnya, pajak bandara tujuan domestik 100 baht.

Kemudian, pajak bandara untuk tujuan internasional ditetapkan AoT sebesar 800 baht. Padahal, tarif sebelumnya adalah 700 baht.

Sampai kini, Thailand memunyai dua bandara besar. Yang pertama adalah Bandara Don Muang. Bandara yang acap disebut bandara lama ini terletak di Bangkok.

Don Muang dibangung pada 27 Maret 1914. Awalnya, bandara ini menjadi pusat operasional maskapai penerbangan nasional Thailand, Thai Airways. Kini, mayoritas aktivitas Don Muang sudah berpindah ke bandara teranyar, Suvarnabhumi.

Sementara itu, Bandara Suvarnabhumi dibuka pada 15 September 2006. Bandara ini terletak di Racha Tewa, 25 kilometer sebelah timur Bangkok. Sekarang, aktivitas bandara ini menjadi terbesar di Thailand pascapemindahan dari Don Muang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com