Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dompet Jatuh di Helsinki, Hampir Pasti Kembali...

Kompas.com - 26/09/2013, 05:41 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com — Helsinki, ibu kota Finlandia, dinyatakan sebagai kota paling aman bagi orang yang kehilangan dompet karena kemungkinan besar akan kembali. Pernyataan itu merupakan hasil survei yang dilakukan majalah Reader's Digest di 16 kota besar di dunia seperti dilaporkan news.com.au hari Kamis (26/9/2013).

Majalah itu sengaja menyebar sekitar 200 dompet berisi uang, nomor telepon genggam, foto keluarga, kupon, kartu nama, dan uang dalam mata uang lokal senilai Rp 500.000. Dompet-dompet itu disebar di New York, Amsterdam, Berlin, Bucharest, Budapest, Helsinki, Lisbon, Ljubjana, London, Madrid, Moskwa, Mumbai, Praga, Rio De Janeiro, Warsawa, dan Zurich.

Sebanyak 90 dompet, atau hampir separuh, dikembalikan dalam survei yang juga menemukan bahwa faktor umur, jenis kelamin, atau tingkat kekayaan seseorang tidak memengaruhi apakah seseorang akan mengembalikan dompet yang mereka temukan. "Sangat melegakan bahwa begitu banyak orang jujur di dunia," tutur Raimo Moysa, Pemimpin Redaksi Readers Digest.

"Lebih penting lagi, kejujuran ini merata pada orang muda dan tua, pria dan wanita, miskin dan kaya di berbagai macam kebudayaan," imbuh Moysa. Dia mengatakan, ratusan dompet itu disebar di taman, pusat perbelanjaan, dan trotoar bagi pejalan kaki.

Sebelas dari 12 dompet yang disebar di Helsinki dikembalikan, menjadi angka pengembalian tertinggi. "Orang-orang Finlandia memang jujur-jujur," tutur Lasse Luomakoski, 27 tahun, mahasiswa jurusan bisnis, yang menemukan dompet di trotoar pejalan kaki di Helsinki. "Komunitas kami kecil, akrab, dan damai. Tidak banyak kasus korupsi dan kami bahkan tak melanggar lampu merah."

Penduduk Mumbai menempati tempat kedua dengan pengembalian 9 dari 12 dompet. New York dan Budapest menyusul di belakang Mumbai dengan pengembalian yang sama, yaitu 8 dari 12 dompet. "Saya mengajar anak-anak saya untuk jujur, seperti orangtua saya dulu mengajar kami," tutur Vaishali Mhaskar, seorang ibu dua anak di Mumbai. Tiga anak muda yang menemukan dompet di Mumbai segera menelepon, tulis Readers Digest.

Penduduk Amsterdam dan Moskwa termasuk yang kurang jujur dengan pengembalian sebanyak tujuh dari 12 dompet. Penduduk Berlin dan Ljubljana mengembalikan enam dompet, sedangkan London dan Warsawa mengembalikan lima dompet.

Penduduk Lisbon menempati tempat terbawah dengan hanya seorang yang mengembalikan dompet. Kota-kota lain dengan angka rendah, termasuk Bucharest, Rio, dan Zurich (empat dompet dikembalikan), Praha (tiga dompet), dan Madrid (dua dompet).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com