Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria China Sudah 20 Tahun "Bertapa" di Goa

Kompas.com - 23/08/2013, 13:41 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pria China memenuhi hasratnya untuk hidup tenang yang ekstrem dengan hidup sebagai petapa di sebuah goa selama 20 tahun terakhir. Pria bernama Feng Mingshan (54 tahun) itu harus memanjat tebing vertikal setinggi 50 meter untuk mencapai pintu masuk rumahnya yang tidak biasa. Di sebuah goa batu di ketinggian seperti itu, ia bahkan telah membuat sebuah pintu masuk dan memasang tirai.

Feng hijrah dari Kota Gaoba, di Provinsi Shaanxi, China barat laut, tahun 1993, karena ia tidak ingin berada di dekat orang-orang lain. Sekarang dia tinggal terisolasi dan menjauhkan diri dari hampir setiap kenyamanan modern, bahkan pakaian. Sejumlah foto menunjukkan petapa itu mendaki dalam kondisi telanjang saat keluar dan masuk goa sambil membawa seikat kayu.

Suadara Feng, yaitu Fen Xueming, mengatakan, "Saudara saya punya kepribadian yang aneh. Dia tidak ingin berkomunikasi dengan orang lain."

Selama 20 tahun terakhir, dia memperbesar bagian dalam goanya dan telah memahat pegangan di bagian luar goa untuk membantu dia memanjat bebatuan terjal itu.

Media lokal melaporkan, Feng awalnya menemukan goa itu saat dia masih anak-anak. "Ini sebuah goa kecil ketika saya menemukannya, dan saya memperluasnya sehingga menjadi seukuran sekarang dengan menggunakan palu," katanya sebagai dikutip The Mirror. Dia menambahkan, "Saya juga membersihkan jalan melalui jurang. Saat musim panas di sini dingin dan itu bagus."

Warga di desa-desa terdekat mengatakan ia biasanya meninggalkan goa pada malam hari, tetapi ia bisa melakukan pendakian di tebing curam itu dengan mudah.

Walau penduduk setempat terkesan dengan keterampilannya mendaki dan mencari makan, pemerintah ingin menempatkan dia ke sebuah panti jompo. Dia dilaporkan didiagnosis menderita intermittent psychosis (sebentuk gangguan mental yang membuat orang kehilangan kontak dengan realitas) dan pernah mendapat pengobatan singkat.

Wali Kota Xu Min yang dikutip The Mirror mengatakan, mereka terus memantau Feng dan akan mencoba membujuknya untuk tinggal di sebuah rumah yang lebih konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com