Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politisi Karismatik China Bo Xilai Mulai Jalani Sidang

Kompas.com - 22/08/2013, 16:54 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Pengadilan terhadap Bo Xilai, mantan salah satu satu pejabat senior Partai Komunis China, digelar pada Kamis (22/8/2013).

Bo Xilai (64) pernah disebut-sebut sebagai calon pemimpin masa depan China dan didakwa menerima suap jutaan dollar dari dua pengusaha.

Berkas dakwaan menyebutkan, Bo Xilai menerima suap sebesar 3,5 juta dollar AS. Tuduhan ini sudah ia bantah.

"Saya berharap hakim akan meneliti kasus saya ini dengan adil, sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini," kata Bo.

Jalannya pengadilan dilaporkan secara langsung melalui layanan mikroblog Sina Weibo, situs jejaring sosial mirip Twitter di China.

Bo juga menghadapi kasus lain di mana ia didakwa menutup-nutupi dugaan keterlibatan istrinya, Gu Kailai, dalam pembunuhan pengusaha Inggris, Neil Heywood.

Pihak berwenang menerbitkan foto Bo, yang tak terlihat di depan umum dalam 17 bulan terakhir. Ia terlihat sehat saat dihadirkan di pengadilan di kota Jinan, Provinsi Shandong, di China timur.

Sebelum diajukan ke pengadilan, politisi karismatik ini dipecat dan ditahan tahun lalu.

Sejumlah kalangan mengatakan, Bo memiliki pengikut yang cukup banyak, yang membuatnya tak begitu disenangi rekan-rekan sejawatnya di Partai Komunis China.

Diyakini Bo akan dinyatakan bersalah dalam beberapa dakwaan. Para wartawan setempat melaporkan, pengadilan ini mencerminkan pertarungan di kalangan elite politik China.

Terlemparnya Bo Xilai dari jajaran pejabat tinggi dinilai sebagai perubahan paling dramatis di panggung politik China dalam beberapa dekade terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com