Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Denmark Copot Tujuh Menteri

Kompas.com - 09/08/2013, 17:54 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Denmark Helle Thorning-Schmidt mencopot tujuh menterinya dalam rangka pergantian jabatan. Menurut warta AP pada Jumat (9/8/2013), menteri pertahanan serta perdagangan dan investasi termasuk yang diganti.

PM Denmark juga menyatukan Kementerian Urusan Eropa ke dalam Kementerian Perdaganan dan Investasi. Lantaran kebijakan itu, kabinet Denmar kini berkurang satu kursi ketimbang posisi sebelumnya, 23 kursi.

Henrik Sass-Larsen didapuk menjadi menteri anyar untuk Bisnis dan Pertumbuhan. Sass-Larsen adalah politisi ahli. Ia menolong PM Thorning-Schmidt menjaga kemenangan pemerintahan aliansi pada pemilu 2011.


Sementara, Mette Gjerskov dan Henrik Dam Kristenses kehilangan jabatannya di Kementerian Pangan dan Pertanian serta Kementerian Transportasi.

Kemudian, Nick Haekkerup yang sebelumnya menjadi Menteri Pertahanan menduduki pos barunya di Kementerian Perdagangan dan Urusan Eropa.

Sebaliknya, Nicolai Wammen menjabat sebagai menteri baru di Kementerian Pertahanan. Sebelumnya, Wammen adalah Menteri Urusan Eropa. Posisi Menteri Sosial dan Integrasi dijabat oleh Annette Vilhelmsen.

Lalu, Karen Haekkerup berpindah kementerian dari tempatnya yang lama, Kementerian Sosial dan Integrasi ke posisi anyar Kementerian Pangan dan Pertanian. Lalu, mantan Menteri Perdagangan dan Investasi Pia Olsen Dyhr menjadi menteri baru untuk Kementerian Transportasi.

Saat ini, pemerintahan koalisi tengah-kiri Denmark kehilangan dukungan sejak menggenggam kekuasaan dua tahun silam. Banyak pakar politik mengatakan pergantian kabinet ini adalah upaya untuk mendapatkan kembali dukungan publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com