Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Pemasok Terbesar Senjata untuk Israel?

Kompas.com - 16/04/2024, 11:37 WIB
Egidius Patnistik

Penulis

PENGAWASAN publik atas bantuan militer ke Israel meningkat setelah perang di Gaza pecah menyusul serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober 2023 dan di tengah kekhawatiran atas meningkatnya jumlah korban warga sipil dalam perang tersebut.

Sejumlah negara telah memasok Israel dengan persenjataan dan peralatan militer senilai ratusan juta dolar sejak bulan Oktober, meskipun rincian transfernya masih dirahasiakan. Amerika Serikat (AS) dan Jerman, yang memasok sebagian besar senjata impor Israel, mengatakan bahwa transfer tersebut penting untuk mendukung keamanan Israel.

Dari tahun 2019 hingga 2023, AS memasok 69 persen dari impor senjata Israel. Jerman pada periode yang sama memasok sekitar 30 persen dari impor senjata Israel. Di tempat ketiga Italia. Meskipun Italia hanya menyumbang 0,9 persen dari impor senjata Israel dari tahun 2019 hingga 2023.

Baca juga: DPR AS Bakal Lakukan Pemungutan Suara Terkait Bantuan Ukraina dan Israel

Bulan ini, Mahkamah Internasional (International Court of Justice/IJC) mulai mendengarkan gugatan hukum atas ekspor senjata Jerman ke Israel. Sementara 47 anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengeluarkan resolusi tidak mengikat yang menyerukan diakhirinya “penjualan, transfer dan pengalihan senjata, amunisi dan peralatan militer lainnya” ke Israel.

Bantuan Militer Apa yang Diberikan AS?

AS memiliki sejarah panjang dalam memberikan bantuan kepada Israel, dimulai sejak tahun 1940-an. Dalam beberapa dekade terakhir, sebagian besar bantuan diberikan dalam bentuk bantuan militer.

Sejak Perang Dunia II, AS memberikan lebih banyak bantuan militer kepada Israel dibandingkan kepada negara lain. Sebagian besar bantuan militer AS ke Israel termasuk dalam program Pembiayaan Militer Asing, yang memberikan dana hibah yang digunakan Israel untuk membeli barang dan jasa militer AS.

Tahun 2016, pemerintahan Presiden Barack Obama menandatangani perjanjian berdurasi 10 tahun untuk memasok Israel dengan dana sebesar 3,8 miliar dollar AS per tahun. Sebagian besar batuan itu berupa hibah pembiayaan militer, yang memungkinkan Israel membeli persenjataan AS.

AS menjadi pemasok terbesar militer Israel. Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), AS menyumbang 69 persen dari total nilai impor senjata Israel antara tahun 2019 dan 2023.

AS mempunyai tujuan untuk memungkinkan Israel mempertahankan “keunggulan militer kualitatif” atas negara-negara tetangganya. Israel memandang Iran dan berbagai kelompok militan yang didukungnya sebagai ancaman nyata, dan AS mencatat bahwa Iran “berulang kali mengancam akan menghancurkan” Israel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com