Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roda Depan Pesawat VietJet Copot saat Mendarat, 6 Penumpang Terluka

Kompas.com - 30/11/2018, 20:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HO CHI MINH, KOMPAS.com - Sebuah penerbangan pesawat milik maskapai Vietnam mengalami kendala pendaratan setelah terjadi masalah pada dua roda bagian depan. Sejumlah penumpang dilaporkan mengalami luka ringan akibat pendaratan yang keras.

Melansir dari Channel News Asia, insiden tersebut terjadi pada pesawat milik VietJet saat mendarat di Bandara Buon Ma Thuot, pada Kamis (29/11/2018).

Penerbangan domestik yang membawa 207 penumpang itu berangkat dari Bandara Internasional Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City.

Dilaporkan Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam (CAAV), masalah serius dialami pesawat VietJet saat mendarat di mana dua roda depannya terlepas.

Baca juga: Pesawat Kanselir Jerman Mendarat Darurat saat Menuju KTT G20

"Namun pesawat dapat berhenti dengan selamat di landasan di Bandara Buon Ma Thuot," tulis pernyataan CAAV di situs resminya, Jumat (30/11/2018).

Foto-foto yang diambil oleh bagian publikasi Flightglobal setelah pesawat mendarat memperlihatkan situasi saat dilakukannya proses evakuasi darurat dan kondisi bagian depan roda pesawat yang hilang.

Pihak maskapai VietJet Aviation JSC mengatakan, seluruh penumpang pesawat telah dalam kondisi aman usai pendaratan.

Sejumlah penumpang mengalami luka ringan. Mereka segera dibawa ke rumah sakit dan saat ini telah meninggalkan rumah sakit. CAVV mengatakan setidaknya ada enam penumpang yang terluka.

"Pihak maskapai telah berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk menilai insiden yang terjadi," kata maskapai VietJet dalam pernyataan resmi.

Pesawat yang mengalami insiden tersebut diketahui adalah jet Airbus A321 dan baru dua pekan lalu dikirimkan ke pihak maskapai VietJet, yakni pada 15 November.

Juru bicara Airbus mengatakan, pihak pabrik telah berkomunikasi dengan maskapai dan memberikan bantuan teknis yang dibutuhkan.

Baca juga: Jet Pribadi Donald Trump Disenggol Pesawat Lain Kala Sedang Parkir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com