Kompas.com - 24/10/2017, 21:32 WIB
|
EditorErvan Hardoko

CANBERRA, KOMPAS.com - Seorang perempuan Australia menemukan seekor cacing tanah raksasa berukuran satu meter setelah hewan itu dipaksa keluar dari sarangnya akibat hujan deras.

Kelli Mace, nama perempuan itu, kemudian mengunggah temuannya ke akun Facebooknya. Dia terlihat mengangkat cacing itu dengan menggunakan dua batang tongkat.

Penemuan cacing raksasa ini terjadi di kawasan Gunung Tamborine, Queensland. Kelli dan cacing raksasanya itu langsung menjadi santapan media lokal.

Kawasan Gunung Tamborine yang masih diselimuti hutan tropis, diketahui memang menjadi rumah spesies cacing raksasa atau Digaster longmani yang bisa tumbuh hingga sepanjang 1,5 meter.

Baca juga : Cacing Misterius Ini Punya Mulut yang Juga Berfungsi sebagai Anus

Biasanya cacing ini hidup jauh di bawah tanah, tetapi hujan deras yang mengguyur kawasan Gold Coast pekan lalu memaksa hewan-hewan itu keluar dari persembunyiannya.

Kawasan pantai timur Australia pekan lalu mengalami guyuran hujan deras hingga 36 jam.

Paul Lyons, anggota Asosiasi Sejarah Nasional Gunung Tamborine, kepada harian The Courier Mail mengatakan, penampakan cacing-cacing raksasa itu kini semakin jarang.

"Mereka berukuran sekitar satu meter dengan diameter 30 milimeter dan hidup jauh di bawah tanah hutan hujan tropis. Namun, jika tanah menjadi terlalu basah mereka akan muncul ke permukaan," ujar Lyons.

"Cukup lazim melihat cacing-cacing ini di masa lalu. Namun, kini sudah semakin jarang karena sudah semakin banyak rumah," tambah Lyons.

Baca juga : Gara-gara Mencari Cacing, Didin Ditahan dan Terancam 10 Tahun Penjara

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Tamborine, cacing raksasa merupakan bagian dari hidup mereka sehari-hari.

"Saya pernah melihat cacing ini dan beberapa teman saya yang tinggal di Tamborine Utara juga pernah melihatnya. Foto cacing ini banyak beredar di Facebook," kata Jules Dollins, seorang warga setempat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.