Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut Perdana, Obama Tampil Kampanye bersama Hillary di North Carolina

Kompas.com - 30/06/2016, 07:11 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menjalani kampanye dengan presumptive nominee Presiden AS dari Partai Demokrat Hillary Clinton, untuk pertama kalinya, Selasa pekan depan.

Obama dan Hillary dijadwalkan untuk mengunjungi Charlotte, North Carolina. Di sana mereka akan mendiskusikan progres yang sedang berjalan, dan mengukuhkan visi untuk AS yang lebih kuat. 

Keterangan itu tertuang dalam pernyataan tertulis yang diterbitkan tim kampanye Hillary, Rabu kemarin, seperti dilansir Kantor Berita AFP, Kamis (30/6/2016).

Debut pertama mereka tampil dalam dalam kampanye sesungguhnya telah dijadwalkan pada 15 Juni di Wisconsin.

Namun, rencana itu dibatalkan menyusul peristiwa penyerangan di kelab malam di Orlando, yang menjadi kasus penembakan massal terburuk dalam sejarah AS. 

Sebelumnya, Obama menyatakan dukungannya untuk Hillary dalam sebuah pernyataan terbuka pada 9 Juni lalu. Hal itu dilakukan Obama setelah berbulan-bulan menghindar untuk memberikan sikap dalam pemilihan pendahuluan presiden dari Partai Demokrat.

Baca: "Saya Tak Sabar untuk Berkampanye Dukung Hillary Clinton"

North Carolina adalah salah satu dari lusinan negara bagian yang menjadi gelanggang perang terberat bagi kubu demokrat, dalam pemilihan presiden November mendatang. 

Sejarah mencatat, Obama memenangi suara di North Carolina dengan suara tipis di atas kandidat Republik John McCain di tahun 2008. Empat tahun kemudian, Obama malah kalah dari Mitt Romney di negara bagian ini.

Sementara itu, sebuah hasil polling terbaru menunjukkan persaingan ketat antara Hillary dan presumptive nominee Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com