Kompas.com - 06/06/2016, 22:07 WIB
EditorPascal S Bin Saju

TOKYO, KOMPAS.com — Gerakan anti-pangkalan militer Amerika Serikat di Okinawa, Jepang, menguat setelah muncul berbagai tindak kejahatan dan kekerasan oleh para tentara dan pekerja di pangkalan militer AS di wilayah Jepang selatan itu.

Sejumlah anggota majelis di Okinawa yang ingin menyingkirkan pangkalan militer AS itu memperoleh suara mayoritas dalam pemilihan umum majelis prefektur.

Perolehan mayoritas itu memperkuat gerakan anti-pangkalan AS di Okinawa.

Hasil pemilihan diumumkan pada Senin (6/6/2016). Hal itu berarti, Gubernur Okinawa, Takeshi Onaga, semakin kuat dalam usahanya untuk memindahkan pangkalan udara Futenma keluar dari pulau itu.

Jikalau hal itu terjadi maka akan terjadi perselisihan yang panjang dengan pemerintah pusat di Tokyo.

Pemilihan umum pada Minggu (5/6/2016) di pulau itu dilakukan setelah adanya serangkaian tindak kriminal dan insiden lainnya oleh tentara dan pekerja pangkalan AS.

Tindakan kriminal itu memicu kebencian terhadap simbol-simbol keberadaan AS di Okinawa.

Dari sebanyak 48 kursi yang diperebutkan, para kandidat yang mendukung Onaga mendapatkan 27 kursi, naik dari 23 kursi dari sebelumnya.

Onaga berselisih dengan pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe atas rencana untuk memindahkan pangkalan yang ada di Okinawa itu.

Pihak AS dan Jepang sepakat pada 1996 untuk menutup pangkalan udara Futenma milik Marinir AS di Okinawa, dan memindahkan seluruh fasilitasnya di tempat lain pulau itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.