Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Penyebab Jatuhnya Pesawat FlyDubai di Rusia

Kompas.com - 08/04/2016, 19:38 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Komite penyelidik kecelakaan penerbangan Rusia mengungkapkan, penyebab kecelakaan pesawat Boeing 737-800 milik maskapai FlyDubai di Kota Rostov-on-Don, Rusia, 19 Maret lalu.

Peristiwa tragis yang merenggut nyawa semua penumpang di pesawat itu terjadi karena pilot menerbangkan pesawat dalam posisi terlalu menukik dan tak mampu mengangkatnya lagi.

Pesawat pun menghantam bumi, dan 62 orang tewas. Demikian kesimpulan yang disampaikan para penyelidik, di Moskwa, seperti dilansir Kantor Berita AFP, Jumat (8/4/2016).

Pesawat itu hancur dan terbakar di salah satu sisi landasan bandara di Rostov-on-Don pada saat hari masih sangat pagi, di tengah cuaca yang sangat buruk.

Sebanyak 55 penumpang dan tujuh kru pesawat tewas, yang sebagian besar berkewarganegaraan Rusia.

Para penyelidik pun mengungkapkan, menurut hasil pemeriksaan, pesawat yang terbang dari Dubai itu menukik dan menghantam bumi dengan kecepatan 600 kilometer per jam.

Disebutkan, kecelakaan terjadi saat kru pesawat memutuskan untuk membatalkan pendaratan dan hendak menaikkan posisi pesawat.

Pada ketinggian 900 meter, pilot justru mendorong kontrol kemudi ke posisi menukik, dan secara simultan terjadi pergeseran perangkat penjaga kestabilan pada bagian ekor sehingga pesawat semakin menukik tajam. 

"Setelah itu, pilot sudah tak mampu mengendalikan posisi pesawat, dan menghantam tanah," kata salah satu anggota komite.

Kendati demikian, komite ini tidak menetapkan pihak yang bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com