Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Negara Bagian AS Dilanda Banjir, Tentara Dikerahkan untuk Bantu Warga

Kompas.com - 02/01/2016, 05:38 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Militer dikerahkan untuk menangani keadaan darurat yang terjadi di negara bagian AS, Illinois menyusul terjadinya hujan deras yang disertai dengan tornado.

Illinois dan Missouri sejauh ini menjadi kawasan yang terparah dilanda bencana banjir dan topan, ketika pada saat yang sama negara bagian lain di kawasan pantai timur AS cuacanya lebih hangat.

Jumlah korban jiwa akibat bencana yang terjadi di negara bagian tersebut telah mencapai 22 orang menyusul ditemukannya jasad korban dengan jenis kelamin laki-laki di Missouri.

Dengan demikian total korban mencapai 15 orang di negara bagian Missouri dan tujuh korban jiwa di Illinois.

Seiring dengan itu, muncul kekhawatiran warga yang tinggal di bagian selatan Illinois seiring dengan naiknya permukaan Sungai Mississippi. Kondisi itu menyebabkan warga di sejumlah kota dan desa menghadapi risiko banjir.

Gubernur Illinois Bruce Rauner dalam pesannya melalui Twitter menyatakan, "Saya telah meminta militer untuk berperan aktif membantu warga lokal dengan melakukan mitigasi bencana," demikian tulis Rauner sebagaimana dikutip AFP, Sabtu (2/1/2015).

Sementara itu Layanan Cuana Nasional AS menyebutkan banjir kemungkinan terjadi pada Sungai Mississippi dan Ohio serta di wilayah Missouri, Illinois, dan Kentucky.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com