Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Masih Butuh Kerja Sama dengan Polisi Indonesia

Kompas.com - 30/04/2015, 15:16 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Menteri Kehakiman Australia Michael Keenan mengingatkan perlunya kerja sama antara penegak hukum Australia dan Indonesia dilanjutkan mengingat hal itu terbukti telah membuat Negeri Kanguru aman.

Pasca-eksekusi dua terpidana mati kasus "Bali Nine" kini mencuat perdebatan mengenai peranan Kepolisian Federal Australia (AFP) dalam proses penangkapan sembilan anak muda Australia di Bali tahun 2005.

Saat itu, pihak AFP membocorkan informasi kepada pihak berwajib Indonesia mengenai adanya sindikat yang akan menyelundupkan narkoba dari Bali ke Australia.

Atas pengembangan informasi tersebut, kepolisian Indonesia kemudian berhasil menangkap sejumlah pemuda Australia di Bandara Ngurah Rai, Bali dengan barang bukti narkoba jenis heroin. Belakangan mereka dikenal sebagai kelompok Bali Nine.

Dalam petunjuk menteri kehakiman Australia yang ditujukan kepada AFP pada Mei 2014, tidak dicantumkan rujukan yang berisi keberatan terhadap ancaman hukuman mati bagi warga Australia jika AFP membagi informasinya dengan negara lain.

Namun pada Kamis (30/4/2015) Menteri Keenan menjelaskan pedoman kerja AFP terkait berbagai informasi atas kejahatan transnasional, tidaklah berubah.

Pedoman kerja AFP itu mengharuskan polisi untuk menyampaikan kepada menteri jika informasi yang akan dibagi ke negara lain berpotensi ancaman hukuman mati bagi warga Australia.

"Pedoman kerja AFP itu telah diperbarui tahun 2009 di bawah Pemerintahan Partai Buruh dan tetap tak berubah hingga saat ini. Pemerintahan kami mempergunakan pedoman kerja AFP yang sama," kata Menteri Keenan.

"Pedoman ini secara khusus mengatur AFP mengenai bagaimana mereka memperlakukan bukti-bukti jika menyangkut warga Australia yang kemungkin bisa dijatuhi hukuman mati di negara lain," papar Keenan.

"Saya ingin tekankan betapa pentingnya kita melanjutkan kerja sama dengan aparat penegak hukum di Indonesia dan negara lain di kawasan. Kita perlu melakukan hal itu karena terbukti telah membuat Australia aman," kata Menteri kehakiman Australia Michael Keenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com