Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopilot Germanwings Sempat Cari Tahu Cara Bunuh Diri

Kompas.com - 03/04/2015, 06:45 WIB

KOMPAS.com - Kopilot Germanwings yang diduga sengaja menabrakkan pesawatnya ke pegunungan Alpen Prancis ternyata sempat melakukan riset tentang cara bunuh diri.

Jaksa di Dusseldorf, Jerman, mengatakan Andreas Lubitz juga melakukan pencarian di internet terkait pintu kokpit dan tindakan pengamanan.

Rekaman suara di kokpit memperlihatkan indikasi bahwa Lubitz sengaja menabrakkan pesawat ke pegunungan Alpen dan menewaskan seluruh 150 orang di dalamnya.

Kepolisian sudah menemukan komputer tablet yang digunakannya dari tempat tinggalnya di Dusseldorf.

Dan catatan sejarah penjelajahan internet masih belum dihapus sedang kata kunci untuk pencarian yang digunakannya antara 16 hingga 23 Maret 2015 bisa ditelusuri.

"Berdasarkan informasi yang didapat, pengguna mencari pengobatan medis dan juga cara-cara untuk bunuh diri. Paling tidak dalam satu hari orang bersangkutan selama beberapa kali juga melakukan pencarian terkait pintu kokpit dan tindakan pengamanan," jelas Jaksa Christoph Kumpa kepada para wartawan, Kamis (2/4/2015).

Bagaimanapun jaksa tidak menjelaskan rincian kata kunci dalam catatan sejarah penjelajahan tersebut.

Namun korespondensi pribadi mendukung bahwa Lubitz memang menggunakan komputer tablet tersebut dalam periode yang dimaksud.

Sementara kotak hitam kedua yang merekam data penerbangan sudah ditemukan pada Kamis 2 April setelah alat perekam suara di kokpit lebuh dulu ditemukan tak lama setelah pesawat Airbus A320 itu jatuh Selasa 24 Maret.

Rincian data penerbangan dari kotak hitam kedua ini penting dalam penyelidikan karena antara lain terdiri dari waktu transmisi radio, kecepatan pesawat, ketinggian, maupun arah penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com