Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Australia Telepon JK, Jelaskan Bantuan Tsunami Tak Ada Kaitan dengan Eksekusi

Kompas.com - 19/02/2015, 17:10 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menelepon Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kamis (19/2/2015) siang. Hal itu sehubungan dengan pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbot yang mengaitkan bantuan Australia kepada Indonesia pasca-tsunami di Aceh untuk pembatalan pelaksanaan hukuman mati dua warganya.

"Tadi siang sekitar pukul 12.00, Menlu Australia (Julie Bishop) menelepon Jusuf Kalla sebagai wapres. Beliau berusaha memberi penjelasan bahwa pemerintahannya itu tak bermaksud ada pamrih saat menyinggung soal tsunami," kata Juru Bicara Wapres Husain Abdullah dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Bishop, tsunami yang terjadi tahun 2004 silam itu memang tidak ada hubungannya dengan dua warga Australia yang akan dihukum mati. Menlu tidak mau pernyataan tersebut disalahtafsirkan dan membuat hubungan Indonesia-Australia memburuk.

"Pemerintah Australia siap bekerja sama dengan Indonesia," kata Husain.

JK pun menerima dengan baik penjelasan yang disampaikan oleh Bishop itu. Selanjutnya, JK akan menyampaikan masalah ini kepada Presiden Joko Widodo.

Indonesia telah menegaskan bahwa Andrew Chan (31 tahun) dan Myuran Sukumaran (33 tahun), pemimpin kelompok perdagangan narkoba yang disebut "Bali Nine", akan berada di antara kelompok narapidana berikutnya yang akan menghadapi regu tembak.

Namun, pihak Indonesia masih tutup mulut tentang kapan eksekusi akan berlangsung dan narapidana asing mana saja yang akan bergabung dengan dua warga Australia itu.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara unik dengan BuzzFeed, Julie Bishop memberikan jawaban yang hanya berupa emoticon saat ditanya beberapa hal, termasuk soal hubungannya dengan Indonesia. Saat ditanya hubungan Australia dengan Indonesia yang dianggap cukup intens akhir-akhir ini, ada tiga emoji yang digunakan: jempol, tanda centang, dan wajah murung.

Jawaban yang memperlihatkan kepuasan Julie Bishop ini menarik perhatian. Sebab, jawaban ini menjadi perhatian Pemerintah Australia terhadap Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, dua warganya yang akan dieksekusi mati oleh Pemerintah Indonesia akibat terlibat dalam penyelundupan narkoba. (Baca juga: Beginilah Menlu Australia Gambarkan Hubungan dengan Indonesia lewat "Emoji")

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com