Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Australia Dipecat karena "Retweet" Fotonya Sendiri

Kompas.com - 18/02/2015, 12:08 WIB
KOMPAS.com — Perwakilan pemerintah negara bagian Northern Territory (NT) Australia untuk Indonesia dan ASEAN, Terry Mills, diberhentikan hanya karena me-retweet sebuah posting-an yang menunjukkan foto dirinya sedang tertawa.

Posting-an itu sendiri berasal dari akun Twitter seorang warga Australia bernama Jamen Dunlevie pada 2 Februari lalu. Isinya berupa kalimat, "Saya bisa mendengarnya dari Indonesia..." yang disertai foto Terry Mills sedang tertawa.

Posting-an ini terkait dengan pemberitaan mengenai upaya kudeta tengah malam yang terjadi di kabinet pemerintahan negara bagian NT.

Mills yang fotonya disertakan dalam posting-an Dunlevie ini kemudian me-retweet-nya sehingga kemungkinan menimbulkan kesan ia sangat senang bahwa Menteri Utama Adam Giles yang sebelumnya mengudeta Mills kini mengalami nasib yang sama.

Ketika dihubungi ABC, Mills yang berada di Jakarta mengatakan, pemecatan dirinya sebagai perwakilan Pemerintah NT akan semakin memperburuk citra negara bagian itu di pasar internasional.

Ia mengatakan, perpecahan di tubuh Partai Country Liberal (CLP) yang berkuasa di NT telah menyebar di luar Australia sendiri.

Mills, yang juga berasal dari Partai CLP, dikudeta sebagai menteri utama dua tahun silam oleh Adam Giles. Awal Februari lalu, giliran Giles yang akan dikudeta oleh koleganya di partai, tetapi ia bertahan dan menolak untuk melakukan serah terima jabatan.

Pekan lalu, Departemen Bisnis Pemerintah NT mulai melakukan upaya pemberhentian Mills dari jabatannya yang berkedudukan di Jakarta tersebut.

Namun, menurut dia, retweet yang ia lakukan itu telah dijadikan alasan pemecatan. "Mungkin me-retweet itu salah, tetapi saya tidak percaya bahwa sanksinya sampai harus dipecat," katanya.

Keputusan pemecatan ini, kata Mills, akan merugikan reputasi Pemerintah NT.

Menteri Utama Adam Giles menanggapi hal ini dengan menyatakan Mills dipekerjakan oleh Departemen Bisnis dan sebagai menteri utama dia hanya berhubungan dengan menterinya, bukan dengan pegawainya.

Giles membantah terlibat dalam pemecatan Mills kali ini.

Namun, Mills mengatakan, tidak mungkin seorang diplomat dipecat tanpa sepengetahuan menteri utama negara bagian.

Pemerintahan Partai CLP di Northern Territory akan kembali diuji eksistensinya ketika Partai Buruh yang beroposisi mengajukan mosi tidak percaya pekan depan di parlemen di Darwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com