Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mark Zuckerberg Sumbang Rp 1,4 Trilun untuk Sejumlah Sekolah

Kompas.com - 30/05/2014, 21:11 WIB
SAN FRASCISCO, KOMPAS.com - Pendiri situs jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, Kamis (29/5/2014) malam waktu AS, mengatakan dia dan istrinya Priscilla Chan menyumbangkan uang sebesar 120 juta dolar atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk sejumlah sekolah di kawasan Bay Area, San Francisco.

Uang sebesar itu akan dibagikan selama lima tahun, dengan bantuan awal digunakan untuk menyediakan akses komputer dan internet di sekolah-sekolah negeri. Dana bantuan ini juga akan digunakan untuk melatih para guru dan orangtua dalam upaya membimbing para pelajar agar tetap "pada jalurnya".

"Kawasan Bay Area adalah salah satu wilayah paling makmur di dunia, namun banyak sekolah di sana tak memiliki sumber daya yang seharusnya mereka miliki," kata Zuckerberg lewat akun Facebook-nya.

"Meningkatkan pendidikan publik di negara dan komunitas kita adalah salah satu hal yang Priscilla dan saya sangat pedulikan, dan kami ingin mengubah ini semua," lanjut Zuckerberg.

Sekitar empat tahun lalu, Zuckerberg juga menyumbangkan 100 juta dolar AS untuk meningkatkan kualitas sekolah di Newark, New Jersey. Dalam pernyataannya, Zuckerberg mengatakan semua program kerjanya di Newark hingga hari ini masih berjalan.

"Investasi yang kami berikan hanyalah setetes air dibandingkan berbagai kendala yang dihadapi banyak sekolah," tambah dia.

"Namun, kami melihat bahwa investasi terarah bisa menjadi pemicu perubahan yang lebih besar di tengah masyarakat," lanjut Zuckerberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com