Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Luncurkan Biro Mirip FBI

Kompas.com - 07/10/2013, 15:40 WIB
Sebuah badan baru untuk menangani kejahatan-kejahatan serius di Inggris telah diluncurkan. Dijuluki "FBI Inggris", Kantor Kejahatan Nasional (NCA) akan "mengejar tanpa lelah" kejahatan terorganisasi, kata Menteri Dalam Negeri Inggris, Theresa May.
 
May mengatakan kepada BBC, kantor itu akan fokus pada kejahatan terorganisasi, ekonomi, cyber, kebijakan perbatasan, dan perlindungan anak.

Badan itu akan menggantikan sejumlah lembaga yang sudah ada, tetapi pendanaannya akan dikurangi.

Partai Buruh menyebut langkah itu "latihan pelabelan ulang".

Ini adalah ketiga kalinya lembaga pemberantas kejahatan terorganisasi dibentuk sejak 1998.

Pasukan Kejahatan Nasional didirikan 15 tahun lalu, dan diganti delapan tahun kemudian oleh Soca yang kini dihapus.

Kejahatan menurun

NCA akan bekerja dengan setiap kantor polisi regional di Inggris dan organisasi serupa di luar negeri. Badan itu akan memiliki 4.500 petugas dan bertujuan untuk mengadopsi pendekatan yang lebih transparan dan terkoneksi.

Ketuanya, Keith Bristow, memperingatkan penjahat untuk menantikan "gangguan-gangguan berkelanjutan" termasuk penyitaan aset mereka.

"Kami akan membuat perbedaan dan publik akan melihat," kata dia pada BBC, seraya menambahkan bahwa label "FBI Inggris" adalah julukan yang pantas untuk badan ini.

Menteri Theresa May mengatakan, "Kejahatan menurun di negara ini tapi kita tidak bisa menurunkan kewaspadaan. Dan terhadap kejahatan terorganisasi, saya tidak merasa pemerintah yang sebelumnya memberikan prioritas yang layak."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com