Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samakan Presiden Obama dengan Orangutan, Seorang Wali Kota di AS Mundur

Kompas.com - 19/10/2016, 21:54 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Charles Wasko, wali kota West York, sebuah kota kecil di Pennsylvania mengundurkan diri dari jabatannya setelah dikecam karena mengunggah meme bernuansa rasisme tentang Presiden Barack Obama.

Menyusul kontroversi meme itu, maka dewan kota West York menerima pengunduran diri Wasko pada Senin (17/10/2016) malam. Demikian dikabarkan harian The York Daily Record.

"Berita baiknya kita bisa melanjutkan hidup dan berusaha mengatasi masalah ini dan membangun kota West York yang lebih baik," kata presiden dewan kota, Shawn Mauck.

Setelah pengunduran diri ini, Mauck akan meneruskan sisa masa jabatan Wasko sebagai penjabat wali kota hingga 21 Desember 2017.

Salah satu meme yang diunggah Wasko ke media sosial adalah yang menggambarkan Presiden Barack Obama dan keluarganya sebagai keluarga orang utan.

"Kita akan melanjutkan hidup bersama dan melakukan apa saja untuk menyembuhkan masyarakat ini," kata Mauck.

Di hadapan para jurnalis Mauck mengakui, dia sangat khawatir perilaku sang mantan wali kota akan berdampak negatif bagi reputasi dan perekonomian kota kecil itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com