Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembunyi di Perkampungan Dekat Bandara, Teroris Al Qaeda Dibekuk

Kompas.com - 09/05/2016, 15:12 WIB

BAMAKO, KOMPAS.com - Pemerintah Mali mengungkapkan, pasukan militer negara itu telah menangkap satu orang yang diduga terkait dengan kelompok teroris Al Qaeda di Bamako, Mali.

Seperti diberitakan Associated Press, Senin (9/5/2016), terduga teroris itu bersembunyi di sebuah perkampungan di dekat bandara udara internasional di negara itu.

Komandan Militer Modibo Naman Traore mengumumkan penangkapan itu pada Minggu kemarin. Dia menyebut, terduga teroris ini tak hanya terkait dengan serangan teroris di wilayah selatan Mali, tapi juga serangan di negara tetangga Burkina Faso.

Aparat setempat mendeskripsikan, tersangka adalah Yacouba Toure. Dia diduga adalah salah satu penyalur logistik utama termasuk penyalur senjata untuk kelompok teroris di selatan Mali. 

Disebutkan, lelaki itu telah bergabung dalam kelompok ekstrimis sejak tahun 2010. Dia pun sempat mendapatkan pelatihan bersenjata sebelum ada operasi militer yang dipimpin Perancis pada 2013.

Para pengamat menyebut, adanya tren peningkatan gerakan teroris di selatan wilayah Mali, yang bergerak dari wilayah pendudukan ekstrimis di utara, dalam beberapa bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com