Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Cuaca Jadi Penyebab Jatuhnya FlyDubai FZ981 di Rostov-on-Don?

Kompas.com - 19/03/2016, 10:34 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Kantor Kementerian Kedaruratan Rusia mengungkapkan, pesawat penumpang Boeing 737-800 milik Maskapai FlyDubai jatuh dan meledak saat mencoba melakukan pendaratan di sebuah bandara di sebelah selatan Kota Rostov-on-Don.

Dalam pernyataan tertulis pascakecelakaan, Sabtu (19/3/2016) seperti diwartakan Kantor Berita Associated Press, pesawat yang jatuh pada pagi tadi telah melakukan penerbangan dari Dubai.

Namun demikian, pihak kementerian tidak dapat memastikan berapa banyak penumpang yang ada di dalam pesawat itu. Sebuah laporan media di Rusia yang mengutip sumber tanpa nama menyebut, pesawat itu mengangkut sekitar 60 penumpang. 

Sementara, pihak FlyDubai dalam akun Facebook mereka mengungkapkan, kecelakaan yang terjadi pada pesawat dengan nomor penerbangan FZ981 dari Dubai ke Rostov On Don saat ini masih dalam tahap penyelidikan.

Kantor Berita Tass menyebutkan, sebuah komite investigasi telah bergerak untuk melakukan penyelidikan awal tentang penyebab jatuhnya pesawat.

Hasil penyelidikan itu menunjukkan, pesawat sedang dalam proses pendaratan ketika menghantam landasan dan terbelah, di bandara yang berada sekitar 950 kilometer di selatan Kota Moskwa.

Namun demikian, belum ada pendangan awal tentang penyebab jatuhnya pesawat. Kendati demikian, banyak pemberitaan di Rusia yang menduga penyebab kecelakaan adalah kondisi cuaca yang buruk.

Tercatat, pagi itu hujan turun dengan kecepatan 11 meter per detik. 

Pada 31 Oktober 2016 lalu, sebuah pesawat milik maskapai Rusia meledak di udara, di kawasan Pegunungan Sinai, wilayah Mesir. Kecelakaan itu menyebabkan 224 orang tewa. 

Penyelidikan menyebutkan, pesawat itu meledak karena adanya bom di dalam pesawat. 

 

CCTV footage shows the moment #FlyDubai Boeing-737-800 crashed at Russia's #Rostov-on-Don airport. According to the...

Posted by Sputnik on Friday, March 18, 2016
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com