Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 5 Tahun Berjaya, Miliarder Termuda Australia Dinyatakan Bangkrut

Kompas.com - 03/03/2016, 19:15 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Seorang pengusaha batubara bernama Nathan Tinkler dinyatakan secara resmi bangkrut hanya lima tahun setelah dia dinyatakan sebagai miliarder termuda Australia.

Pria berusia 40 tahun itu memulai kariernya di sektor pertambangan dengan menjadi seorang tukang listrik sebelum mendapatkan kekayaannya dari serangkaian transaksi batubara yang cerdik.

Pada 2011, dia menduduki peringkat pertama miliarder muda Australia dengan kekayaan mencapai 1,13 miliar dollar Australia atau hampir mencapai Rp 11 triliun.

Dengan uangnya itu, Nathan membeli dua klub olahraga, yaitu klub rugbi Newcastle Knight dan klub sepak bola Newcastle Jets.

Namun, ketika harga batubara jatuh, Nathan, yang sejak 2012 tinggal di Singapura, mulai mengalami masalah keuangan.

Dia kemudian menjual klub Newcastle Knight, peternakan kuda pacu, dan "kerajaan" pacuan kudanya pada 2014. Tahun lalu, dia juga menjual klub sepak bola Newcastle Jets.

Selanjutnya, Nathan diseret ke pengadilan oleh GE Commercial karena berutang sebesar 2,25 juta dollar AS terkait pembelian sebuah pesawat jet pribadi.

Pada 9 Februari lalu, pengadilan memutuskan untuk menyita tanah milik Nathan untuk menutup utangnya itu.

Perintah pengadilan itu akan dilaksanakan pekan ini setelah Nathan gagal dalam pengajuan bandingnya.

"Saya ingin meminta maaf kepada para kreditor dan keluarga saya," kata Nathan seperti dikutip harian Sydney Morning Herald.

"Saya mungkin akan menjadi aktivis dan mendapat dukungan penuh pemerintah dan media serta tak memiliki tanggung jawab apa pun," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com