Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kebakaran Berhasil Jalani Operasi Cangkok Wajah

Kompas.com - 17/11/2015, 15:11 WIB
MISSISSIPPI, KOMPAS.com — Seorang sukarelawan pemadam kebakaran yang wajahnya terbakar saat memadamkan kebakaran rumah mendapatkan wajah baru melalui operasi transplantasi paling ekstensif di dunia. Demikian diungkapkan Pusat Kesehatan Langone Universitas New York.

Patrick Hardison (41) menjalani operasi wajah di Rumah Sakit New York pada Agustus lalu. Dia memakai wajah David Rodebaugh (26), seorang pehobi sepeda ekstrem BMX asal Brooklyn, yang mengalami mati otak akibat kecelakaan sepeda.

Selain menerima wajah secara penuh, Hardison juga mendapatkan telinga, hidung, bibir dan bulu mata atas dan bawah milik Rodebaugh.

Pasca-kecelakaan saat memadamkan api di Senatobia, Mississippi, pada 2001 lalu, wajah dan seluruh kepala Hardison tak berbentuk dan mengerikan.

Namun, setelah melalui operasi plastik awal dengan 150 tim medis, Hardison bisa mengedip dan tidur dengan mata tertutup. Demikian kata dr Eduardo Rodriguez, dokter yang memimpin operasi plastik.

Setelah itu, operasi plastik diperluas dengan cangkok wajah. Menurut Rodriguez, Hardison mendapatkan wajah baru milik Rodebaugh. Keduanya dioperasi di atas meja terpisah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tim medis RS New York berlatih selama setahun penuh.

"Kamu hanya punya satu kesempatan untuk mendaratkan Rover (mobil). Hal sama juga dengan wajah," kata Rodriguez kepada Reuters dalam konferensi pers di New York, Senin (17/11/2015) kemarin.

Dalam proses operasi, tim mengiris kulit di bagian belakang kepala pendonor, mengupas setiap sisi depan dengan potongan kunci tulang yang melekat pada dagu, hidung, dan tulang pipi. Kemudian, hasil irisan itu dibungkuskan ke kepala Hardison, mirip topeng Batman.

"Segala sesuatunya harus ditempatkan secara sempurna," kata Rodriguez.

Biaya operasi sendiri menghabiskan 1 juta dollar AS atau setara Rp 13 miliar. Uang tersebut ditanggung pihak rumah sakit atas permohonan teman-teman korban yang merasa kasihan terhadap anak Hardison yang takut melihat wajah ayahnya.

Kini, wajah Hardison sudah tidak menakutkan lagi dan tidak dipandang sebelah oleh orang lain. Hal itu terbukti ketika Hardison diajak berbelanja ke toko Macy, tak seorang pun yang memandang aneh atau sebelah mata.

Sementara itu, ibunda Patrick yang memberi izin untuk transplantasi wajah anaknya menyatakan bahwa putranya adalah hadiah yang tak terduga setelah dia dinyatakan tak bisa hamil.

Namun, dia merelakan wajah putranya diambil untuk diterapkan ke wajah Hardison.

"Patrick itu indah," kata dia kepada tim medis setelah diperlihatkan wajah baru Hardison.

Hardison mengucapkan terima kasih kepada keluarga donor dan dia berharap keputusan itu membawa kebaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com