Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Argentina Tangkap Para Pencuri Meteorit

Kompas.com - 01/06/2015, 16:07 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Kepolisian Argentina menangkap empat orang pria yang mencuri lebih dari satu ton meteorit di Provinsi Chaco.

Menurut polisi, mereka menemukan lebih dari 200 potongan besar batu meteorit yang disembunyikan di bawah kursi truk milik para pelaku pencurian.

Para pelaku diketahui berjumlah empat orang, tiga di antaranya adalah warga Argentina dan seorang lainnya berasal dari Paraguay.

Provinsi Chaco selama ini dikenal di dunia sebagai lokasi tempat jatuhnya meteorit, yang dilindungi secara hukum oleh Pemerintah Argentina.

Di wilayah Chaco, terdapat sebuah lokasi dengan luas 1.300 km persegi yang dijuluki "Campo del Cielo" atau "kawasan surga".

Lokasi itu dipenuhi batu meteor berukuran relatif kecil atau disebut meteorit. Para ahli memperkirakan meteorit itu jatuh sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Batu meteorit yang terbesar, bernama El Chaco, ditemukan pada tahun 1967 dan berat 37 ton. El Chaco adalah meteorit terbesar kedua di dunia yang pernah ditemukan.

Keberadaan batu meteorit ini selama ini menjadi sasaran para spekulan dan kolektor. Pada tahun 1990, seorang polisi Argentina menggagalkan rencana pencurian batu meteorit yang hendak dijual kepada seorang kolektor asal Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com