Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Kurdi Bangun Replika Gedung Putih

Kompas.com - 02/11/2014, 08:41 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Seorang pebisnis Kurdi rela merogoh koceknya hingga 20 juta dollar atau sekitar Rp 241 miliar untuk membuat replika Gedung Putih di ibu kota daerah otonom Kurdi, Irbil.

Shihab N Shihab, nama pengusaha itu, kepada Bloomberg News awal pekan ini, mengatakan, dia selalu sangat mengagumi keaslian dan kesederhanaan rumah dinas Presiden Amerika Serikat itu.

Itulah sebabnya, Shihab kemudian membangun sendiri "Gedung Putih" untuk ditinggalinya. Bedanya dengan Presiden AS Barack Obama, Shihab tak perlu khawatir harus meninggalkan tempat itu jika masa jabatannya berakhir.

Seperti halnya Gedung Putih asli, dalam replika ini juga terdapat lima kamar mandi di rumah itu, kamar tidur seluas 140 meter persegi, dan bioskop pribadi.

Namun, Shihab menambah satu fasilitas yang tidak dimiliki Gedung Putih di Washington, yaitu permandian ala Turki. "Mereka tak memilikinya di Washington," ujar Shihab bangga.

Replika Gedung Putih yang menurut rencana akan selesai dibangun empat bulan mendatang terletak di kawasan permukiman Dream City, salah satu dari banyak permukiman mewah di kota Irbil.

Meski pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berada hanya sekitar 1,6 kilometer dari gerbang kota Irbil, Shihab yang meraih kekayaannya dari pembangunan pusat perbelanjaan dan berbagai bisnis lainnya seolah tidak peduli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com