Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura-pura Koma, Penipu Terekam CCTV Sedang Belanja di Mal

Kompas.com - 22/10/2014, 15:27 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Seorang pria asal Wales yang berpura-pura dalam kondisi koma untuk mendapatkan tunjangan dari negara dan menipu tetangganya yang sudah tua terekam kamera CCTV tengah berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan.

Menurut laporan BBC, Alan Knight (47), asal Swansea, selama dua tahun terakhir hidup mengandalkan uang tunjangan negara setelah mengklaim tubuhnya lumpuh dari leher ke bawah setelah mengalami kecelakaan.

Selama dua tahun terakhir itu Alan secara sistematis mencuri uang tabungan milik tetangganya Ivor Richards (85). Selama ini Alan dan istrinya berhasil mendapatkan uang lebih dari 40.000 poundsterling atau lebih dari Rp 770 juta yang digunakannya untuk berlibur dan membeli sebuah mobil karavan.

Istri Alan, Helen (33) mengklaim dia harus merawat suaminya itu setelah tak lumpuh dan koma setelah terjatuh saat menutup pintu garasi.

Namun, sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga. Suatu hari Alan dan Helen tertangkap kamera CCTV tengah berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan dan mengemudikan mobilnya menuju Dorset, Inggris.

Ternyata sejumlah dokter yang pernah merawat Alan juga sempat memergoki dia tengah makan, mengusap wajahnya dan menulis. "Ini adalah sebuah penipuan jangka panjang yang terkalkulasi dengan korban seorang pria tua yang lemah," kata Paul Harry, detektif dari kepolisian Wales selatan.

Secara berkala, kata Harry, Alan menguras keuangan tetangga tuanya itu dengan mencairkan cek dan menarik uang tabungannya.  Alan bahkan menulis surat warisan palsu yang memasukkan namanya sebagai salah satu penerima harta Ivor Richard yang saat ini menghuni sebuah panti jompo.

Setelah aksi tipu-tipunya itu terungkap, Alan akhirnya harus datang ke persidangan. Dia datang menggunakan kursi roda dan pelindung leher untuk menarik simpati hakim.

Namun, hakim Paul Thomas nampaknya tak mau tertipu dengan aksi pria botak itu. Hakim hanya mengatakan agar Alan melihat video CCTV yang merekamnya berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan di Swansea dan Dorset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com