Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Perang di Darfur Sudah Mereda

Kompas.com - 11/08/2014, 20:22 WIB


KOMPAS.com - PBB melalui Misi Uni Afrika untuk Darfur (Unamid) mengatakan sepanjang bulan-bulan silam, perang antara pasukan pemerintah versus pemberontak Sudan sudah mereda. Meski begitu, Unamid masih terus mewaspadai tindak kekerasan bersenjata di kawasan Sudan bagian barat tersebut.

Menurut Ketua Unamid Mohamed Ibn Chambas pihaknya masih terus mengupayakan penjagaan keselamatan personel Unamid. Sejauh ini, pasukan Unamid juga menjaga bantuan kemanusiaan bagi warga sipil di situ, tulis AFP  pada Senin (11/8/2014).

Dalam rilis terkini, Unamid juga mengatakan sejak awal 2014 tercatat 385.000 orang terpaksa mengungsi dari Darfur. Mereka menghindari diri dari kecamuk perang tersebut.

Sejak 2003, menurut Unamid, ada tiga gerakan perlawanan anti-pemerintah di Darfur. Pertama, Gerakan Persamaan dan Keadilan Darfur, Pasukan Pembebasan Sudan (SLA) dari faksi Abdul-Wahid Mohamed Nur, dan  SLA faksi Minni Minawi.

Ketiga kelompok itu menolak Dokumen Dohan untuk Perdamaian Darfur yang diteken pada 14 Juli 2011 di Doha, Qatar antara pemerintah Sudan dan Gerakan Keadilan dan Pembebasan Darfur. Para pemberontak beranggapan dokumen itu bersifat parsial dan tidak memenuhi tuntutan rakyat Darfur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com