Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pesawat Nyaris Tabrakan di Barcelona Terekam Video

Kompas.com - 07/07/2014, 21:37 WIB
MADRID, KOMPAS.com — Sebuah momen dramatis saat dua buah pesawat komersial nyaris bertabrakan di landas pacu Bandara Internasional El Prat, Barcelona, Spanyol, terekam dalam sebuah video amatir.

Rekaman video itu menampilkan sebuah Boeing 767 milik maskapai penerbangan asal Rusia, Utair, yang nyaris bertabrakan dengan Airbus A340 milik maskapai Aerolinas Argentinas.

Saat itu, Boeing milik Utair sudah akan melakukan pendaratan di landas pacu itu. Namun, pada saat bersamaan, Airbus milik Argentina yang akan menuju Buenos Aires melakukan taxi dalam posisi melintang di landas pacu yang sama.

Akibatnya, Boeing milik Utair harus membatalkan pendaratan pada saat-saat terakhir dan pilot harus melakukan prosedur darurat mengitari bandara sebelum mencoba untuk kembali mendarat.

Beruntung, Boeing yang terbang dari Rusia itu bisa mendarat dengan selamat beberapa saat setelah momen menegangkan tersebut.

Insiden yang  terjadi pada Sabtu (5/7/2014) itu direkam oleh Miguel Angel, yang kemudian mengunggahnya ke situs YouTube yang sudah ditonton lebih dari satu juta kali.

Miguel Angel mengatakan, menyaksikan dengan mata kepala sendiri sebuah peristiwa yang nyaris menjadi bencana merupakan peristiwa paling menegangkan sepanjang hidupnya.

"Sebuah pesawat Boeing 767-300 milik Utair yang datang dari Moskwa dan Airbus milik Aerolinas Argentinas nyaris menciptakan tragedi terbesar di Bandara Barcelona," kata Angel.

Kapten John Holmes, manajer pelatihan di pusat pelatihan terbang Ansett, mengatakan, terdapat tiga penjelasan terkait insiden tersebut.

"Pilot A340 kemungkinan salah memahami instruksi atau mereka mungkin tidak mendengar instruksi itu, atau menara pengawas tidak mengeluarkan perintah sama sekali," ujar Holmes.

Otoritas Bandara Spanyol, AENA, merilis pernyataan resmi terkait peristiwa itu. AENA menyatakan, sebenarnya tidak ada potensi tabrakan kedua pesawat karena landas pacu cukup luas untuk digunakan kedua pesawat terbang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com