Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongres AS Minta Rusia Dicoret dari Keanggotaan G-8

Kompas.com - 12/03/2014, 16:09 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kongres AS, Selasa (11/3/2014), melalu pemungutan suara dengan hasil 402-7, menyepakati sebuah resolusi tak mengikat yang mengecam langkah Rusia di Ukraina.

Resolusi itu juga mendesak Gedung Putih untuk mengeluarkan Rusia dari keanggotan negara-negara industri maju G-8 dan menerapkan sanksi terhadap negeri Beruang Merah itu.

Para anggota kongres juga menyerukan agar para pengamat Organisasi Kerja Sama Keamanan Eropa (OSCE) mengirimkan pengamatnya ke Ukraina dan mendesak NATO agar membekukan kerja sama militer dengan Rusia, termasuk pasokan peralatan militer.

Selain itu, resolusi tersebut mendesak pemerintahan Presiden Barack Obama untuk bekerja dengan para sekutu Eropa dan negara-negara lain untuk tidak menunda visa, finansial, perdagangan, dan sanksi lainnya untuk para pejabat senior, bank milik pemerintah, dan organisasi komersial Rusia.

Kongres juga mengusulkan memberi bantuan ekonomi untuk Pemerintah Ukraina dan mengurangi ketergantungan Ukraina terhadap Rusia, khususnya dalam bidang energi.

Terkait kemungkinan AS memberikan bantuan ekonomi terhadap Ukraina, presiden terguling Viktor Yanukovych mengatakan bahwa Washington tak berhak untuk "mendanai para bandit".

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa sanksi untuk Rusia terkait krisis Ukraina bisa menjadi pedang bermata dua terkait kebebasan perdagangan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com