Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jet Rombongan Pemerintah Israel Parkir Berdampingan dengan Iran

Kompas.com - 23/01/2014, 09:44 WIB
ZURICH, KOMPAS.COM - Para pengendali lalu lintas udara Zurich, Swiss, mungkin secara tidak sengaja telah berhasil melakukan apa yang para diplomat sudah puluhan tahun gagal lakukan, yaitu membuat orang Israel dan Iran bersatu.

Saat pesawat pesawat jet Presiden Iran, Hassan Rouhani, dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, tiba di Swiss, Rabu (22/1/2014), untuk membawa keduanya ke Forum Ekonomi Dunia, pesawat mereka diparkir berdampingan di bawah langit yang mendung.

Rouhani, pemimpin Iran pertama dalam satu dekade yang datang ke Davos untuk menghadiri Forum Ekonomi Dunia, akan mengupayakan kesepakatan untuk meningkatkan perekonomian negaranya yang melorot lebih dari 5 persen pada tahun fiskal lalu akibat sanksi ketat dunia internasional. Dia dijadwalkan untuk berpidato di forum yang digelar di resor ski itu Jumat besok dalam sebuah sesi yang disebut "Iran di Dunia."

Netanyahu, termasuk di antara pengecam paling vokal terhadap pemerintah Iran, berusaha untuk membuat sanksi terhadap Iran tetap diberlakukan. Dia menyebut Rouhani "sekor serigala berbulu domba" dan mendesak dunia untuk waspada terhadap sepak terjangnya.

Saat Netanyahu dan Presiden Israel, Shimon Peres, dibawa ke helikopter yang menunggu mereka, para wartawan dan staf kedua pesawat itu saling mengambil foto.

Seorang wartawan Israel berteriak dalam bahasa Inggris "How are you?" ke arah rombongan Iran yang berada di puncak tangga pesawat mereka. Salah satu dari rombongan Iran itu menjawab, "Fine, thank you. How are you?"

Rouhani menjadi presiden Iran pada Agustus lalu setelah memenangkan pemilihan umum dengan janji mengakhiri isolasi negara itu yang diterapkan pendahulunya, Mahmoud Ahmadinejad. Dalam 100 hari pertama, Rohani memecahkan tabu dengan berbicara per telepon dengan Presiden AS Barack Obama. Pemerintah Iran juga telah melonggarkan pembatasan terhadap pers, membatasi retorika anti-Barat dan mengucapkan selamat kepada orang Yahudi pada saat Tahun Baru Yahudi lewat akun Twitter Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif.

Para pejabat bandara Zurich tidak menganggap penting peristiwa itu. Tempat di mana pesawat diparkir memang telah disediakan bagi kepala negara selama Forum Ekonomi Dunia, kata juru bicara bandara, Sonja Zoechling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com