Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Kembang Api di Sydney Awali Tahun Baru 2014

Kompas.com - 31/12/2013, 21:51 WIB


SYDNEY, KOMPAS.com
- Sydney menjadi salah satu kota besar di dunia yang sudah lebih dulu memasuki tahun baru 2014. Kota yang masuk dalam zona waktu GMT+10 telah memasuki tahun 2014 sekitar 3 jam lebih dulu atau pukul 21.00 WIB.

Pergantian tahun di Sydney dimeriahkan dengan pesta kembang api yang spektakuler dipusatkan di Opera House. Kilau cahaya berwarna-warni melesat dari Opera House menghiasi langit sekitar kawasan pelabuhan.

"Sungguh fantastik," ujar Murphy Robertson, salah satu pengunjung yang berasal dari Denver, AS. "Opera House sendiri menakjubkan, namun hal yang sungguh membuat saya terkejut adalah kilauan, rantai emas di sepanjang jembatan," ujar dia menggambarkan keindahan di sana.

Wali Kota Sydney Clover Moore memang menjanjikan pertunjukan kembang api yang luar biasa. Ada 3 kali pertunjukan kembang api yakni pukul 21.00, 22.30, dan 24.00 waktu setempat.

Total biaya yang dihabiskan untuk pesta kembang api tersebut mencapai sekitar 6 juta dollar Australia atau setara Rp 64 miliar. Total kembang api yang digunakan seberat 7 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com