Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Balap Karung dan Tarik Tambang Meriahkan Perayaan HUT Ke-74 RI di Hamburg

Kompas.com - 19/08/2019, 05:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Perayaan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tidak hanya digelar di dalam negeri. Warga Negara Indonesia yang berada di Jerman pun turut memperingatinya dengan upacara bendera dan aneka lomba.

Bertempat di halaman kantor Konsulat Jenderal RI di Hamburg, upacara peringatan HUT ke-74 RI yang digelar Sabtu (17/8/2019) itu berlangsung khidmat, meski sempat diguyur hujan.

Upacara bendera diikuti dengan antusias oleh masyarakat dan diaspora Indonesia di wilayah Hamburg dan sekitarnya.

Tak hanya menggelar upacara bendera, pihak KJRI Hamburg juga menggelar serangkaian acara untuk memeriahkan perayaan HUT ke-74 RI, mulai dari aneka lomba, hingga pesta rakyat.

Baca juga: Peringati HUT Ke-74 RI, Anies Ikut Lomba Tarik Tambang

Tak ketinggalan pula sajian menu makanan dan minuman khas Indonesia yang disiapkan untuk para pengunjung.

Dilansir dari rilis KJRI Hamburg, rangkaian acara turut dimeriahkan aneka lomba khas perayaan 17-an, seperti balap karung dan tarik tambang.

Juga disiapkan panggung hiburan yang menampilkan tarian tradisional, musik, serta penampilan grup vokal dari masyarakat dan diaspora Indonesia.

Pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah dari acara lomba olahraga maupun kuis bertema kemerdekaan yang digelar.

Baca juga: Saat Prabowo Joget dan Ungkap Kebahagiaannya di HUT Ke-74 RI...

Disampaikan Konsul Jenderal RI di Hamburg, Dr Bambang Susanto, peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia itu dibuar dengan konsep dari dan untuk masyarakat Indonesia.

KJRI Hamburg memfasilitasi semaksimal mungkin agar masyarakat dan diaspora Indonesia di Jerman utara dapat berpartisipasi dalam setiap rangkaian kegiatan, baik melalui festival olahraga, maupun pesta rakyat.

"Di samping itu, yang terpenting adalah bagaimana peringatan HUT Kemerdekaan RI ini dapat menjadi sarana silaturahmi dan memupuk persatuan di antara anak bangsa," demikian KJRI Hamburg dalam pernyataannya.

Baca juga: Ucapkan HUT ke-74 RI, Ahok Ingatkan Pejabat Jadi Contoh Baik dengan Tak Korupsi

Rangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan ke-74 RI tersebut berlangsung sejak pagi hari yang diawali dengan upacara bendera, hingga sore hari, dengan ditutup upacara penurunan bendera.

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 1.000 pengunjung, baik warga Indonesia di Hamburg, maupun kota lainnya yang berada di bawah wilayah kerja KJRI Hamburg.

Mereka yang hadir berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pekerja, serta warga Indonesia lainnya. Turut hadir dalam perayaan HUT ke-74 RI, tamu dari organisasi massa dan juga warga setempat.

Baca juga: Viral Upacara HUT ke-74 RI di Kereta Api, Ini Ceritanya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com