Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Bendungan Hoover Dam Kali Pertama Antarkan Listrik ke Los Angeles

Kompas.com - 09/10/2018, 14:35 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 9 Oktober 1936, jaringan listrik di Los Angeles mulai terbantu dengan kehadiran Hoover Dam yang mulai beroperasi.

Bendungan itu memanfaatkan kekuatan arus Sungai Colorado yang kuat. Saluran-saluran untuk mengantarkan listrik sepanjang 428 kilometer yang melewati pegunungan itu mampu menghidupkan untuk lampu, radio, dan kompor listrik bagi penduduk sekitar.

Pada saat itu, Hoover Dam tercatat sebagai salah satu bendungan dengan struktur terbesar di dunia, baik itu dari kontruksi maupun bentuknya.

Konsep Awal

Dilansir dari History.com, pembangunan awal dilakukan untuk membuat bendungan di perbatasan Arizona dan Nevada, dengan menggunakan Sungai Colorado yang bisa menghasilkan listrik.

Sebelumnya, petani yang beradai di sekitar Sungai Colorado mulai mengalirkan aliran-aliran airnya untuk menunjang pertanian setempat pada 1905.

Biro Reklamasi Amerika Serikat mulai menyiapkan bangunan untuk menunjang pembangunan bendungan besar ini. Direktur Biro Pembangunan, Arthur Powell Davis mulai merencanakan konsep awal bendungan di Black Canyon itu.

Setelah rencana itu mendapat persetujuan, proyek ini diberi nama "Proyek Boulder Canyon". Tak hanya mengontrol banjir dan irigasi, bendungan itu akan menghasilkan listrik yang berguna bagi penduduk setempat.

Proyek ini dimulai pada 1924. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peledakan dinding ngarai untuk menciptakan terowongan pengalihan air.

Ketika dua terowongan itu lengkap, batu yang digali itu digunakan untuk membentuk bendungan sementara untuk mengendalikan jalur sungai.

Langkah kedua melibatkan pembersihan dinding yang akan berisi bendungan. Banyak pekerja yang menjadi korban akibat tugas ini karena jatuh maupun tertimpa batu. Dasar sungai yang kering memungkinkan pembangunan dimulai di pembangkit listrik.

Akhirya, konsep dari struktur bangunan itu bisa selesai pada 1935. Setahun kemudian, aliran ini mampu menghasilkan listrik ke Los Angeles kali pertama. Besarnya daya yang dihasilkan dicap sebagai pembangkit listik terbesar dunia.

Bendungan itu akhirnya mendapatkan nama Lake Mead (Waduk Mead) dengan panjang 180 kilometer dan mampu menampung 35,2 km3 air. Dengan kapasitasnya, waduk ini juga mendapat predikat waduk terbesar dunia.

Bendungan Hoover Damwikipedia Bendungan Hoover Dam
Hoover Dam mampu memenuhi tujuannya untuk mengalirkan aliran Sungai Colorado ke tempat yang kering. Ini pun mendorong pembangunan kota-kota besar seperti Los Angeles, Las Vegas, dan Phoenix.

Bendungan itu juga mampu mengairi 2 juta hektar, 17 turbinnya menghasilkan listrik yang cukup untuk daya 1,3 juta rumah. 

Hoover Dam kemudian ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada 1985 dan menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Teknik Sipil Amerika pada 1994.

Selain itu, bendungan ini juga menerima kunjungan wisatawan sekitar sekitar 7 juta pengunjung setiap tahun. Sementara Lake Mead, waduk terbesar di dunia menjadi area rekreasi populer.

.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com