Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Pacar Berkulit Hitam, Gadis Ini Kehilangan Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 13/01/2017, 22:01 WIB

MEMPHIS, KOMPAS.com - Seorang gadis remaja asal Tennessee, AS, meluncurkan kampanye penggalangan dana setelah orangtuanya tak mau membayar biaya kuliahnya.

Orangtua Allie Dowdle, yang tinggal dekat kota Memphis, tak mau lagi membiayai sekolah putrinya sejak gadis itu berpacaran dengan Michel Swift, seorang pemuda kulit hitam.

Kini Allie memulai kampanye penggalangan dana lewat situs GoFundMe dengan tujuan awal 10.000 dolar AS. Kini, dana yang sudah terkumpul sebanyak 13.000 dolar AS.

"Sekitar setahun lalu, saya katakan kepada orangtua bahwa saya mulai berkencan dengan pemuda bernama Michael," tulis gadis 18 tahun itu di situs GoFundMe.

"Awalnya saya ingin berbagi dengan keluarga, saya tunjukkan foto Michael, dan pembicaraan kami berakhir bahkan sebelum dimulai," tambah Allie.

"Ayah saya tak memberikan pilihan dan langsung melarang saya bertemu dengan Michael. Mengapa? Tak ada alasan lain selain warna kulitnya," ujar Allie.

Allie menambahkan, dia tak bisa memahami mengapa seseorang dianggap tak berharga hanya karena warna kulitnya.

"Saya masih tak bisa memahaminya dan tak akan pernah bisa," Allie menegaskan.

Allie mengatakan, secara diam-diam dia masih bertemu dengan Michael. Lalu sebulan lalu, Allie kembali mendekati orangtuanya.

Allie berharap orangtuanya berubah pikiran, tetapi gadis itu salah.

"Akhirnya, bulan lalu saya dan Michael datang menemui orangtua saya tetapi respon mereka malah lebih buruk dari yang saya pikirkan," tambah dia.

"Karena saya sudah berusia 18 tahun, orangtua saya memutuskan tak akan membiayai hidup saya lagi," ujar Allie.

Lalu kedua orangtuanya mengambil semua barang milik Allie termasuk tabungan pribadi, mobil, telepon, dan membiarkan saya membiayai sendiri kuliah.

Ayah Allie, Bill Dowdle mengatakan, keputusannya tak merestui hubungan putrinya dengan pria kulit hitam adalah karena berbagai masalah terkait ras yang ada di Amerika.

Namun, Bill mengatakan, bukan tugasnya lagi memutuskan hidup Allie karena putrinya itu sudah dewasa.

Dia menegaskan, tak merestui hubungan putrinya dengan Michael bukan karena pemuda itu berkulit hitam.

"Saya dan istri akan merestui siapa saya yang disukai putri mereka tetapi kami tak merestui hubungan dengan Michael dan kekasih sebelumnya karena mereka memulai hubungan dengan diam-diam," ujar Bill.

"Saya menghentikan pembiayaan kuliahnya agar dia tidak manja, memahami dunia luar, dan segera dewasa," tambah Bill.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com