Mobil Listrik Ciptaan Mahasiswa Indonesia Diuji di Sirkuit Milik Ferrari - Kompas.com

Mobil Listrik Ciptaan Mahasiswa Indonesia Diuji di Sirkuit Milik Ferrari

Kompas.com - 09/12/2016, 09:28 WIB
BBC Mobil Turangga Cheta Evolution 4 ciptaan para mahasiswa saat diuji coba di sirkuit Fiorano milik Ferrari di Maranello, Italia.

ROMA, KOMPAS.com — Mobil bertenaga baterai listrik karya sekelompok mahasiswa Indonesia menjadi kendaraan pertama di luar Ferrari dan Fiat yang melaju di Sirkuit Fiorano di Maranello, Italia, untuk uji coba mobil hemat energi.

Mobil produksi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, yang dinamakan Turangga Cheta Evolution 4 itu mendapatkan kesempatan menguji kehematan bahan bakar dalam tujuh putaran.

Tim mahasiswa yang menamakan diri Bumi Siliwangi itu mendapat hadiah pergi ke Maranello pada pekan pertama November untuk melihat pengembangan teknologi dan produksi tim Formula 1, Ferrari, serta menguji lintasannya.

Hadiah itu diperoleh setelah kelompok Bumi Siliwangi menjadi juara dunia dalam lomba mobil buatan mahasiswa yang paling cepat dan paling irit bahan bakar.

Ajang Shell Eco Marathon Drivers' World Championship di London pada Juli lalu itu diikuti puluhan tim pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia.

Empat tim mahasiswa dari Italia, Perancis, Jerman, dan Swiss yang menjadi finalis dalam kejuaraan mobil hemat energi Eropa juga berkesempatan menguji lintasan sirkuit yang selama ini hanya digunakan untuk menguji mobil produksi Ferrari dan Fiat.

Test driver Ferrari, Marc Gene, yang mendampingi para mahasiswa dalam demo lintasan, memuji Ramdani, pengemudi mobil Turangga Cheta. Dia menyebut Ramdani memiliki banyak pengetahuan dalam usia yang sangat muda.

"Dia senang sekali dan saya bisa melihat dari matanya yang bersinar. Dia menikmati setiap momen (di Sirkuit Fiorano). Saya beri masukan terkait efisiensi, termasuk cara melewati tikungan, mengerem," kata Marc usai uji lintasan Rabu sore (7/12/2016).

"Mereka berusaha keras mendorong (perkembangan teknologi). Mungkin satu saat teknologi seperti ini akan digunakan, mereka memiliki banyak pengetahuan pada usia yang sangat muda. Mereka tentu bisa menjadi insinyur di Ferrari satu waktu nanti."

Adapun Ramdani mengatakan, ia masih tak percaya akan menjadi pengemudi di sirkuit milik Ferrari itu dan duduk di samping Gene.

"Bahagia dan kaget juga saya karena, kerennya, dia yang menjadi penumpangnya," kata Ramdani.

Sirkuit Fiorano digunakan untuk pengembangan dan uji lintasan sejumlah pebalap besar Formula 1, termasuk Nikki Lauda, Michael Schumacher, sampai pebalap era sekarang, Kimi Raikonen dan Sebastian Vettel.

Tim Bumi Siliwangi, juara bertahan untuk lomba mobil buatan mahasiswa urban concept atau konsep perkotaan, tampil 48 kilometer per kwh (kilowatt hour) lebih rendah dari capaian di London sejauh 68 km/kwh.

Mahasiswa Perancis, dari Lycee Saint Joseph La Joliverie, dengan mobil prototipe berbahan bakar bensin, membukukan catatan paling efisien, dengan hanya menggunakan satu liter BBM untuk 1.400 kilometer perjalanan.

EditorErvan Hardoko
Komentar