Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang yang Digunakan untuk Pesta Terbakar, 33 Tewas

Kompas.com - 05/12/2016, 10:28 WIB

OAKLAND, KOMPAS.com - Sebanyak 33 orang dinyatakan tewas akibat kebakaran yang menghanguskan sebuah gudang yang digunakan sebagai tempat sebuah pesta di Oakland, California, AS.

"Saat kami memulai investigasi, jika kami mendapatkan 33 korban, maka kami tak akan percaya," kata Sersan Ray Kelly dari kantor Sheriff Alameda County, Senin (5/12/2016).

Kelly mengatakan, jumlah korban masih sangat mungkin bertambah karena petugas baru selesai menyisir separuh bangunan yang terbakar itu.

"Saya tak tahu ada berapa jasad yang masih ada di dalam bangunan itu. Kami tak tahu berapa orang ada di dalam sana malam itu, kami hanya menyiapkan diri untuk menghadapi hal terburuk," tambah Kelly.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 23.30 pada Jumat (2/12/2016) di sebuah gudang tempat yang digunakan sebagai tempat tinggal dan bekerja oleh sejumlah seniman dan mahasiswa.

Polisi mengatakan, berdasarkan izinnya bangunan tersebut tak bisa digunakan sebagai hunian. Selain itu, pesta yang diduga dihadiri antara 50-100 orang itu digelar tanpa izin.

Meski penyebab munculnya api masih dalam investigasi, wali kota Oakland Libby Schaaf mengatakan, kejaksaan setempat telah membuka investigasi kriminal terkait kasus ini.

"Kalian harus memahami bahwa tragedi ini sangat luar biasa. Kami harus mewawancarai banyak saksi dan kini proses itu sedang berjalan," ujar Libby.

Sejauh ini, polisi berhasil mengidentifikasi delapan korban berdasarkan catatan sidik jari. Kedelapan korban ini berusia antara 17-35 tahun.

Beberapa korban berasal dari Eropa dan Asia, sehingga pemerintah Oakland kini bekerja sama dengan kementerian luar negeri untuk mengontak sejumlah pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com