Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Asia-Pasifik Berjanji Perangi Proteksionisme

Kompas.com - 21/11/2016, 10:01 WIB

LIMA, KOMPAS.com - Para pemimpin Asia-Pasifik, Minggu (20/11/2016), berjanji untuk melawan proteksionisme pada penutupan KTT APEC yang juga terguncang oleh kemenangan Donald Trump dalam Pemilu AS, 8 November.  

"Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk menjaga pasar kami terbuka dan melawan segala bentuk proteksionisme," kata pernyataan akhir kelompok Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Gejala meningkatnya proteksionisme di Eropa ditandai oleh keluar Inggris dari Uni Eropa (UE), atau lazim disebut Brexit, dan di AS ditegaskan oleh pemilihan Trump.

Kedua isu tersebut telah menyita perhatian para peserta KTT APEC yang berlangsung dua hari di Lima, ibu kota Peru, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Hal yang menjadi sorotan utama adalah pernyataan yang dibuat Trump selama kampanye Pemilu AS bahwa ia akan meninggalkan Trans-Pacific Partnership (TPP) yang dipimpin AS.

Selain itu, forum APEC juga membahas soal kesepakatan perdagangan bebas yang mencakup 21 negara anggota di kawasan.

Trump juga membuat pasar global terguncang karena ia mengancam untuk “merobek” pakta perdagangan bebas yang ada melibatkan AS.

Dalam pernyataan bersamanya,  para pemimpin APEC bersumpah "untuk mengekang sepak terjang proteksionis dan mendistorsi perdagangan, yang melemahkan perdagangan dan memperlambat kemajuan dan pemulihan ekonomi internasional."

Mereka juga berjanji untuk "menahan diri dari devaluasi kompetitif" mata uang mereka.

Selama kampanye presiden, Trump berulang kali menuding China menjaga yuan undervalued demi meningkatkan ekspor dan mengancam dengan menyatakan Beijing sebagai manipulator mata uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com