Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digendong Saat Tinjau Daerah Bencana, Menteri Senior Jepang Dikecam

Kompas.com - 14/09/2016, 08:34 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Aksi "norak" pejabat saat turun ke lapangan kembali terulagn dan kali ini terjadi di Jepang.

Seorang menteri senior Jepang dikecam karena digendong bawahannya saat meninjau daerah yang diterjang badai.

Saat itu, sang menteri sempat bercanda bahwa dia akan dalam masalah besar jika aksi gendongnya itu diketahui publik.

Kejadian ini berawal ketika Shunsuke Mutai (60), wakil menteri urusan rekonstruksi, berkunjung ke kota Iwaizumi di wilayah utara negeri itu. Kota ini luluh lantak diterjang badak Lionrock dan menewaskan 19 orang warga.

Saat melakukan peninjauan bersama tim asesmen kerusakan akibat bencana pada 1 September inilah Mutai digendong bawahannya saat melintasi sebuah genangan air.

Dengan mengenakan kemeja biru dan sepatu kerja berwarna hitam, Mutai terlihat mencoba agar kakinya tak basah saat melintasi genangan. Sementara, rekan-rekan kerjanya mengenakan sepatu bot sehingga mereka bisa bebas melintasi genangan air.

"Saya akan terlibat dalam masalah jika tertangkap kamera," kata Mutai dalam rekaman yang disiarkan stasiun televisi swasta TBS, setelah diturunnkan dari gendongan.

Aksi ini langsung mendapatkan respon dari juru bicara pemerintah Yoshihide Suge yang menyebut perilaku Mutai itu sangat tidak pantas.

Suga menambahkan, sebagai pemimpin rombongan, Mutai seharusnya membawa sepatu bot karena akan berkunjung ke daerah bencana.

Sementara itu, Menteri Manajemen Bencana, Jun Matsumoto, yang juga adalah atasan langsung Mutai, meminta maaf atas perilaku bawahannya tersebut.

"Perilakunya sangat tidak pantas dan tak memikirkan perasaan warga yang terkena bencana di kawasan itu," kata Matsumoto.

Sedangkan Mutai, yang juga menjadi anggota parlemen, telah menyatakan penyesalan mendalamnya akibat perilakunya di daerah bencana itu.

Sekitar sepekan yang lalu, seorang politisi senior India juga dikecam  habis-habisan setelah fotonya digotong saat melintasi banjir muncul di media massa.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com