Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Filipina Genjot Anggaran Perang Melawan Kejahatan

Kompas.com - 16/08/2016, 20:56 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Selasa (16/8/2016) mengatakan, dia akan meningkatkan anggaran untuk membiayai perang melawan kejahatan.

Duterte mengusulkan, pada 2017 anggaran belanja negeri itu akan menjadi 72.3 miliar dolar AS atau hampir Rp 960 triliun, naik 11,6 persen dari anggaran tahun ini.

Duterte mengatakan, kenaikan anggaran terutama diharapkan dapat membuat perang melawan kejahatan akan jauh lebih efektif tahun depan.

Anggaran kepolisian akan naik 24,6 persen menjadi 110,4 miliar peso atau sekitar Rp 31 triliun yang akan digunakan untuk merekrut anggota baru kepolisian, meningkatkan gaji polisi dan meningkatkan kualitas persenjatan kepolisian.

Sementara, anggaran pengadilan naik 21,5 persen sehingga diharapkan bisa membantu menangani meningkatnya kasus-kasus kriminal.

Selain itu, Duterte juga berencana menaikkan anggaran militer sebanyak 15 persen sehingga mencapai 130,6 miliar peso atau sekitar Rp 37 triliun.

Sejauh ini tak ada rincian soal kenaikan gaji para personel kepolisian atau militer, tetapi Duterte sudah berjanji akan meningkatkan gaji aparat keamanan setidaknya dua kali lipat.

Rancangan anggaran ini masih harus disetujui kongres Filipina, tetapi agaknya persetujuan hanya akan menjadi formalitas karena mayoritas wakil rakyat merupakan sekutu Duterte.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com