Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Wali Kota Toronto Rob Ford Pakai Kokain Menyebar Luas ke Publik

Kompas.com - 12/08/2016, 13:53 WIB

TORONTO, KOMPAS.com - Sebuah video yang berisi adegan mantan Wali Kota Toronto, Kanada (almarhum) Rob Ford sedang mengonsumsi kokain menyebar ke publik. Dalam pemberitaan disebut Ford tengah merokok "crack".

"Crack" adalah sebutan umum yang dikenal dalam peredaran narkoba di jalanan, untuk produk kokain yang telah diproses dari cocaine hydrochloride menjadi barang yang siap dipakai seperti merokok. 

Sebelumnya, sebuah pengadilan di Toronto mencabut larangan penyebarluasan video yang diambil pada bulan Februari 2013. Sesaat kemudian, video itu pun disita oleh aparat kepolisian.

Video itu digunakan oleh Sandro Lisi, seorang mantan supir yang juga adalah teman Ford, untuk memeras Wali Kota yang awal tahun lalu meninggal karena penyakit kanker langka yang tersebut.

Lisi pun menghadapi sidang pengadilan dengan tuduhan pemerasan. Uang pemerasan itu telah ditarik kembali berdasarkan keputusan pengadilan Kamis kemarin. Demikian dikutip dari Associated Press. 

Di dalam video itu terlihat, sang Wali Kota memegang alat hisap kokain, sambil berbicara begumam, dengan seseorang di luar layar video.

Bahasa yang digunakan pun terdengar tidak santun. Sesekali dia terlihat membakar ujung pipa yang dipegangnya dan lalu menghirupnya.

Lisi telah dijadwalkan untuk diadili atas tuduhan pemerasan itu pada bulan September mendatang.

Namun pengacara penuntut, John Patton mengatakan, resolusi telah dicapai dengan pengacara Lisi pada bulan Juli lalu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com