Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Pulau Rottnest, Rumah Bagi Quokka Si Hewan Kecil yang Bahagia

Kompas.com - 11/05/2015, 08:33 WIB
advertorial

Penulis

Adalah Pulau Rottnest, sebuah pulau kecil di wilayah Australia Barat yang menawarkan keindahan alam dan sensasi petualangan berbeda yang menunggu untuk dijelajahi. Letaknya tidak jauh dari Perth, bisa ditempuh dengan kapal feri. Tetapi begitu sampai di pulau ini, Anda akan merasakan atmosfer yang jauh berbeda dari kehidupan perkotaan.

Di pulau Rottnest, pemandangan daratan dan ataupun bawah laut, sama menariknya. Ada beberapa alternatif untuk bisa eksplorasi keliling pulau. Berjalan kaki melewati kawasan pemukiman dan cottage bertema kolonial sesaat membawa Anda kembali ke pertengahan abad 1800-an. Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan minat turis adalah melakukan renovasi Hotel Rottnest dan vila-vila di tepi pantai. Bagi para backpacker, barak tua di pulau ini menjadi pilihan terbaik untuk merasakan langsung pengalaman berkemah menikmati alam terbuka.

Eksplorasi Daratan

Ada banyak pilihan kegiatan rekreasi yang bisa dilakukan di daratan pulau Rottnest. Bersepeda santai di Pulau Rottnest menjadi rekreasi ramah lingkungan yang menyenangkan, sambil menjelajahi keindahan pulau. Atau jika Anda ingin bersantai saja dan tidak mengeluarkan banyak tenaga untuk bisa menikmati pemandangan pantai-pantai yang tersebar di pulau, Anda bisa menggunakan fasilitas Bayseeker Bus dengan rute berkeliling sekitar pulau.

Rekreasi Air nan Variatif

63 pantai menakjubkan, 20 teluk yang indah dan pemandangan terumbu karang serta bangkai kapal untuk dinikmati di sekitar pulau. Australia Barat memiliki jumlah kepemilikan perahu per kapita tertinggi di Australia. Ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan lingkungan pulau dan perairan sekitar pulau. Siapapun yang masuk Rottnest Island Reserve diharuskan membayar biaya masuk sebagai kontribusi untuk konservasi pulau dan penyediaan pemeliharaan fasilitas.

Teluk-teluk tersembunyi dan pantai yang sempurna menjadi tempat yang cocok untuk berenang atau . Salah satunya adalah The Basin, perairan dangkal dengan air jernih yang berjarak 10 menit dari kawasan pemukiman, merupakan salah satu tempat berenang yang terkenal di Pulau Rottnest. Atau ingin berenang di tempat yang lebih dekat dari pemukiman, ada Longreach, Geordie Bay dan Little Parakeet Bay.

Berburu Ombak

Pulau Rottnest juga cocok bagi para pemburu ombak yang gemar berselancar. Beragam pilihan tempat surfing populer termasuk diantaranya The Rotto Box, Riceys Beach, Stark Bay, Strickland Bay, The Basins Ledge dan The Fruit Bowl yang terletak diantara Catherine Bay dan City of York Bay, Chicken Reef di Salmon Bay, dan Transits di Thomson Bay. Untuk membantu melindungi gundukan vegetasi rapuh , peselancar harus menggunakan jalur khusus ketika mengakses tempat surfing.

Vegetasi Aneka Ragam Spesies Ikan

Keragaman ikan, spesies karang dan bangkai kapal di perairan sekitar Pulau Rottnest menjadikannya salah satu tempat menyelam yang paling menarik. Snorkeling, diving, atau yang juga menantang yaitu memancing. Padang rumput lamun yang berlimpah di sekitar pulau, dimanfaatkan sebagai tempat pembibitan sekaligus rumah spesies ikan Cobbler dan Long-headed Flathead serta terumbu karang. Spesies ikan bermigrasi yang bisa ditemukan di sekitar pulau antara lain Australian Herring, Tailor, School Whiting, Skipjack Trevally dan Sea Garfish.

Berjumpa dengan Hewan Terbahagia di Dunia

Kunjungan ke Australia Barat tidak akan lengkap tanpa melihat Quokka lebih dekat. Hewan marsupial yang mendiami wilayah Pulau Rottnest ini memang terkenal sebagai binatang paling bahagia di dunia. Berawal dari postingan foto para wisatawan dan Quokka dalam berbagai pose yang menunjukkan keramahan hewan ini. Sejak itulah hashtag #quokkaselfi menjadi tenar di instagram dan twitter.

Keberadaan hewan marsupial Quokka di pulau inilah yang secara tidak langsung menciptakan nama Rottnest yang berasal dari nama ‘Rat’s Nest’ atau ‘Rotte Nest’. Bentuk Quokka menyerupai musang Asia, namun dengan bulu abu-abu dan cokelat, telinga bulat, ekor panjang 24-31 cm, dan kaki belakang yang lebih pendek dari spesies sejenis lainnya.

Quokka memakan rumput, daun, biji dan akar yang dikunyah dan kemudian dimuntahkan untuk memastikan semua nutrisi kering dari tanaman yang mereka konsumsi. Para wisatawan dilarang untuk memberi makan Quokka dengan makanan manusia seperti keripik, roti, ataupun air buatan karena dapat berbahaya bagi kesehatan hewan kecil tersebut yang berakibat pada dehidrasi, kekurangan gizi, keracunan bahkan kematian. Untuk mengawasi hal ini tidak terjadi, Rottnest Island Rangers siap siaga menjaga dan tak segan mengeluarkan peringatan kepada wisatawan yang melanggar peraturan tersebut.

Datang dan lihat sendiri bagaimana pantai-pantai di Pulau Rottnest dinobatkan sebagai pantai terbaik di Australia dalam Explore Australia 2007 serta terpilih sebagai Destinasi Terbaik untuk dikunjungi di Australia tahun 2004 dalam survey Experience Oz. Tunggu apalagi, segera booking tiket perjalanan liburan Anda bersama keluarga ke Australia Barat dengan rute penerbangan baru dari Singapore Airlines untuk menyaksikan semua keindahan dan keramahan di Pulau Rottnest. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com