Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Antar Anak-anak ke Sekolah Sebelum Bertempur Melawan ISIS

Kompas.com - 18/03/2015, 19:18 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Ayyub Faleh al-Rubaie adalah seorang pria Irak biasa beranak lima yang setiap pagi mengantar anak-anaknya berangkat ke sekolah.

Namun, pria berjanggut lebat ini punya julukan yang cukup menggetarkan yaitu "Ayah sang Malaikat Maut" karena dia terkenal ganas saat melakukan kegiatannya yang lain yaitu memerangi Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Al-Rubaie adalah seorang anggota milisi Syiah yang mendukung pasukan pemerintah Irak memerangi ISIS yang saat ini masih menduduki sebagian kota Tikrit.

Kegarangannya di medan perang, digabung dengan selera humor yang kuat, membuat Al-Rubaie memiliki ribuan penggemar di media sosial, termasuk mendapat julukan lain yaitu Abu Azrael.

Sambil menyandang kapak, sebilah pedang dan sepucuk senapan serbu kepada kantor berita AFP mengatakan dirinya sudah cukup lama berprofesi sebagai prajurit. Dia bahkan ikut memerangi pasukan AS yang menginvasi Irak satu dekade lalu.

"Anda melihat saya sebagai pecinta kedamaian saat mengantar anak-anak ke sekolah. Namun untuk mereka (ISIS) saya tunjukkan wajah saya yang lain," ujar Al-Rubaei.

Begitu populernya Al-Rubaie sehingga membuat milisi Syiah tempatnya bergabung menggunakan foto dan video aksinya untuk mendulang dukungan di media sosial.

Dia pernah difoto tengah menunggang sepeda motor di tengah pertempuran sengit. Salah satu video menampilkan Al-Rubaie mengejek ISIS menggunakan alat komunikasi walkie talkie yang diambilnya dari seorang prajurit ISIS yang tewas.

Al-Alam, stasiun televisi berbahasa Arab di Iran, mengabarkan Al-Rubaei dulunya adalah seorang staf pengajar di sebuah universitas di Irak. Sementara BBC, mengutip sejumlah sumber, melaporikan pria ini adalah veteran pasukan khusus yang sangat terlatih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com