Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Senat Belanda Juga Jadi Korban Tewas #MH17

Kompas.com - 19/07/2014, 05:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

DEN HAAG, KOMPAS.com — Anggota Senat Belanda (Eerste Kamer) Willem Witteveen menjadi salah satu korban tewas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines berkode penerbangan MH17 di Ukraina pada Kamis (17/7/2014).

Pimpinan Senat Belanda Ankie Broekers-Knol menyatakan keterkejutannya atas kabar duka ini. Broekers-Knol merupakan rekan satu partai Witteveen di Partai PvdA dan ia mengungkapkan rasa kehilangannya.

Witteveen menumpang Malaysia Airlines berkode penerbangan MH17 itu bersama istri dan putrinya. "Kami sangat terpukul dan berdukacita sangat dalam. Kami bersimpati dengan keluarga Willem dan korban lainnya," kata pimpinan fraksi Partai PvdA di senat, Marleen Barth, seperti dikutip De Volkskrant, Jumat (18/7/2014).

Menurut anggota Partai PvdA, Diederik Samsom, Witteveen telah memberikan kontribusi besar terhadap partai dan merupakan anggota terbaik partai tersebut. Dia menambahkan, Witteveen merupakan politikus cerdas dan kolega terbaik baginya.

WJ Witteveen lahir di Rotterdam pada 1952 dan sejak 2013 menjadi anggota fraksi Partai PvdA di senat. Sebagai lulusan Universitas Leiden, Witteveen juga merupakan Guru Besar Hukum Publik di Universitas Tilburg.

Selain Witteveen, MH17 juga mengangkut beberapa peserta konferensi AIDS internasional di Melbourne, Australia. Dilansir dari Reuters, konferensi AIDS tersebut rencananya digelar selama seminggu dengan beberapa peserta dari Belanda. Salah satu pembicara yang dijadwalkan hadir pada konferensi ke-20 ini adalah mantan Presiden AS Bill Clinton.


Sumber: http://www.volkskrant.nl/vk/nl/2686/Binnenland/article/detail/3691664/2014/07/18/PvdA-diep-geschokt-door-overlijden-senator-Witteveen.dhtml

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com