Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabinet Norwegia Mengundurkan Diri

Kompas.com - 15/10/2013, 06:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Raja Harald V menerima pengunduran diri pemerintahan Norwegia pimpinan Perdana Menteri Jens Stoltenberg pada Senin (14/10/2013). Menurut warta AP, kabinet yang berisi koalisi antara Partai Buruh dan dua partai kiri tengah gagal mendapatkan suara mayoritas dalam pemilihan umum parlemen, September silam.

Hingga kini, belum ada sosok yang menjadi pemimpin pemerintahan Norwegia. Namun, kuat dugaan, Raja Harald V akan memanggil pemimpin Partai Konservatif Erna Solberg untuk memimpin pemerintahan baru.

Dalam pemilihan pada September itu, Partai Konservatif yang bersekutu dengan tiga partai berhaluan tengah kanan memenangi 96 dari 169 kursi parlemen. Sebelumnya, Partai Konservatif dan Partai Progresif sudah bersepakat untuk membentuk pemerintahan koalisi dengan dukungan dari Partai Sosial Demokrat dan Partai Liberal.

Stoltenberg menjadi Perdana Menteri Norwegia sejak delapan tahun silam. Dia merasa sudah waktunya menjadi warga biasa. "Saya akan menyetir mobil bersama istri, tanpa pengawal," demikian Jens Stoltenberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com