Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir 1 dari 7 Warga AS Tergolong Miskin

Kompas.com - 18/09/2013, 09:40 WIB
Pemerintah Amerika mengatakan, hampir satu dari setiap tujuh orang warga Amerika tergolong miskin pada tahun 2012 lalu.

Pemerintah Amerika hari Selasa mengatakan, tingkat kemiskinan 15 persen, hampir tidak berubah sejak 2011, berarti lebih 46 juta orang hidup pada atau di bawah garis kemiskinan di salah satu negara terkaya di dunia.

Garis kemiskinan di Amerika beragam, tergantung pada besarnya anggota keluarga rumah tangga, tetapi ditetapkan pada pendapatan 23.550 dollar AS (atau Rp 265 juta) per tahun untuk keluarga yang terdiri dari empat orang.

Biro Sensus Amerika mengatakan, rata-rata pendapatan rumah tangga tahun 2012 sedikit di atas 51.000 dollar, juga tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya. Laporan itu mengatakan warga kelahiran Amerika dan warga negara naturalisasi berpendapatan rata-rata lebih tinggi dibanding non-warga negara yang bermigrasi ke Amerika.

Pemerintah Amerika mengatakan, rata-rata pendapatan perempuan yang bekerja penuh waktu adalah hampir 38.000 dollar, bertahan pada 77 persen dari rata-rata pendapatan laki-laki lebih dari 49.000 dollar.

Persentase orang tanpa asuransi kesehatan turun menjadi 15,4 persen tahun lalu, atau sekitar 48 juta orang. Berdasarkan UU asuransi kesehatan yang akan mulai berlaku penuh awal tahun depan, banyak orang yang tanpa asuransi akan diwajibkan membeli asuransi kesehatan untuk membantu membayar tagihan medis mereka. Jika tidak, mereka akan dikenai denda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com