Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangkaian Gempa Kuat Guncang Selandia Baru

Kompas.com - 16/08/2013, 12:19 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com - Serangkaian gempa sangat kuat mengguncang bagian tengah Selandia Baru. Sedikitnya delapan guncangan guncangan dengan kategori "sangat kuat" dan tiga dengan kategori "kuat" terjadi dalam waktu kurang dari satu jam, Jumat (16/8/2013).

Gempa pertama terjadi pada pukul 14.31 waktu setempat dan berpusat 10 kilometer di sebelah tenggara Seddon di South Island, dengan kedalaman delapan kilometer, kata dinas pemantau gempa, GeoNet.

Gempa tersebut dengan magnitud 6,2 dan termasuk dalam kategori "sangat kuat".

Gempa bermagnitud 5,6 mengguncang pada pukul 14.37 dan berpusat lima kilometer di sebelah tenggara Seddon dengan kedalaman lima kilometer, demikian laporan Xinhua.

Gempa dengan kekuatan 4,2 Skala Richter terjadi pada pukul 14.41, dengan pusat 35 kilometer di sebelah timur-laut Seddon dengan kedalaman lima kilometer.

Enam gempa lagi dengan kekuatan dari 4,9 , hingga 5,8 dan dua gempa kuat --keduanya tercatat bermagnitud 4,5 menyusul 20 menit kemudian.

Tak ada laporan mengenai orang luka, namun satu rumah dilaporkan ambruk di dekat Seddon.
Di Wellington, sinyal ponsel dilaporkan hilang dan layanan kereta api dihentikan.

Pada 21 Juli lalu, terjadi dua gempa, masing-masing bermagnitud 6,5 dan 5,5, di wilayah yang sama. Akibat gempa tersebut sebagian besar wilayah Wellington ditutup selama dua hari karena petugas memeriksa kerusakan yang ditimbulkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com