Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2022, 20:58 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kisah kenapa Amerika disebut Negeri Paman Sam bermula pada 1812 karena salah paham.

Waktu itu, seorang pekerja jasa pengepakan daging bernama Samuel Wilson memasok daging dari Troy, New York, ke Angkatan Darat Amerika Serikat dalam wadah tong selama Perang 1812.

Samuel Wilson (1766-1854) mencap tongnya denga tulisan "US" yang sebenarnya singkatan dari United States atau Amerika Serikat, tetapi tentara AS mengira US sebagai kependekan Uncle Sam. Itulah jawaban siapa Uncle Sam atau siapa Paman Sam.

Baca juga: 7 Sebab Kenapa di Amerika Tidak Ada Motor atau Tak Populer

Dikutip dari History, surat kabar lokal kemudian mengangkat cerita itu dan Uncle Sam atau Paman Sam akhirnya diterima secara luas sebagai julukan dan personifikasi pemerintah federal Amerika Serikat.

Cerita kenapa Amerika disebut Negeri Paman Sam berlanjut pada 1860-an sampai 1870-an, ketika kartunis politik Thomas Nast (1840-1902) mulai memopulerkan gambar Paman Sam.

Nast terus mengembangkan gambar itu, mulai dari memberinya janggut putih dan setelah bintang-garis yang menjadi fondasi karakter saat ini.

Selain menggambar kartun Paman Sam, kartunis kelahiran Jerman tersebut juga menciptakan gambar modern Santa Claus, gambar keledai sebagai simbol Partai Demokrat Amerika, dan gambar gajah yang jadi simbol Partai Republik AS.

Akan tetapi, gambar Paman Sam yang paling terkenal adalah ciptaan seniman James Montgomery Flagg (1877-1960).

Dalam versi Flagg, Paman Sam mengenakan topi tinggi dan jaket biru serta menunjuk ke depan.

Ilustrasi Paman Sam. Kisah kenapa Amerika disebut sebagai Negeri Paman Sam bermula pada 1812.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Paman Sam. Kisah kenapa Amerika disebut sebagai Negeri Paman Sam bermula pada 1812.
Paman Sam yang satu ini menjadi poster perekrutan tentara selama Perang Dunia I. Gambarnya ditambahi tulisan I Want You For The US Army (Aku ingin kamu jadi tentara AS).

Menurut Britannica, gambar Paman Sam itu berasal dari dua karakter simbolis sebelumnya dalam cerita rakyat Amerika, yaitu Yankee Doodle dan Brother Jonathan.

Baca juga:

Yankee Doodle adalah julukan untuk kolonial Amerika selama Revolusi Amerika. Nama itu terinspirasi dari orang Inggris.

Kemudian, Brother Jonathan merupakan orang Amerika pedesaan yang dikisahkan cerdas. Kecerdasannya sebagai orang pribumi mengejutkan, sehingga dia selalu menang melawan musuh-musuhnya dalam drama, cerita, kartun, dan syair.

Gambar yang menjadi alasan kenapa Amerika disebut Negeri Paman Sam itu semakin populer setelah dipajang di sampul koran Leslie's Weekly pada Juli 1916 dengan judul "Apa yang Anda Lakukan untuk Kewaspadaan?"

Poster itu didistribusikan secara luas, kemudian digunakan kembali berkali-kali dengan teks berbeda.

Selanjutnya, pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai leluhur simbol nasional Amerika yaitu Paman Sam.

Samuel Wilson meninggal pada 1854 dalam usia 87 tahun. Ia dimakamkan di sebelah istrinya, Betsey Mann, di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu menyebut dirinya sebagai "Rumah Paman Sam".

Meski Samuel Wilson telah tiada, namanya selalu dikenang sebagai orang di balik alasan kenapa Amerika disebut Negeri Paman Sam.

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com