Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Israel dan Sekutunya Cegat Lebih dari 300 Rudal dan Drone Iran?

Kompas.com - 15/04/2024, 06:00 WIB
Egidius Patnistik

Penulis

Sumber CNN

HAMPIR semua rudal balistik dan drone yang diluncurkan Iran untuk menyerang Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam berhasil dicegat dan gagal mencapai sasarannya. Para pejabat militer Israel dan Amerika Serikat (AS) mengemukakan hal itu Minggu. Israel memiliki sistem pertahanan udara yang berlapis.

Sebagian besar dari 300 lebih amunisi Iran itu, yang kebanyakan diyakini telah diluncurkan dari wilayah Iran dalam serangan selama lima jam tersebut, dicegat sebelum mencapai Israel. Jarak kedua negara itu sekitar 1.770 kilometer.

Militer Israel mengatakan, “99 persen" proyektil yang ditembakkan Iran dicegat Israel dan mitra-mitranya, dan hanya “sejumlah kecil” rudal balistik yang mencapai Israel. Menurut pihak militer Israel dan AS, secara total, sekitar 170 drone, lebih dari 30 rudal jelajah dan lebih dari 120 rudal balistik diluncurkan ke Israel oleh Iran pada Sabtu malam itu.

Baca juga: Iran Ungkap Tujuan Serang Israel Kali Ini

AS, Inggris, dan Perancis Membantu 

Sejumlah pejabat AS mengatakan, lebih dari 70 drone dan tiga rudal balistik dicegat kapal Angkatan Laut dan pesawat militer AS. Namun, mereka tidak memberi rincian sistem pertahanan apa yang digunakan untuk menjatuhkan drone dan rudal-rudal tersebut.

Sejumlah pejabat mengatakan Oren Liebermann dari CNN di Pentagon bahwa Angkatan Laut AS menembak jatuh setidaknya tiga rudal balistik dengan menggunakan sistem pertahanan rudal Aegis dari dua kapal perusak berpeluru kendali di Laut Tengah bagian timur. Sejumlah pesawat tempur AS juga menembak jatuh rudal-rudal Iran, lapor Liebermann.

Namun, tidak diketahui dari mana jet-jet tempur AS tersebut beroperasi. Ada sejumlah kapal induk Angkatan Laut AS dan pesawat yang berbasis di darat yang markasnya berada di sekitar wilayah tersebut.

Presiden AS, Joe Biden, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS siap membantu dalam membela Israel dari serangan Iran.

“Untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak yang dilengkapi rudal balistik ke wilayah tersebut seminggu terakhir,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

“Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa anggota militer kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk,” kata Biden.

Inggris mengatakan, pihaknya juga siap melakukan intervensi dengan menggunakan pesawat Royal Air Force (RAF) yang dimilikinya di Timur Tengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com