Tentara Terakota, Pasukan Penjaga Akhirat Kaisar Qin Shi Huang dari Zaman China Kuno

Kompas.com - 05/09/2021, 05:58 WIB

KOMPAS.com - Pada 29 Maret 1974, sekelompok petani menggali sumur di ladang, sekitar 20 mil sebelah timur kota Xi'an di provinsi Shaanxi.

Setelah menggali sekian meter, para petani menemukan 3 lubang yang berisi 8.000 patung Tentara Terakota seukuran tubuh manusia asli.

Ada juga kereta, kavaleri, tentara lapis baja dan senjata panah. Ada perwira tinggi, termasuk 9 jenderal yang ditemukan sejauh ini di salah satu lubang.

Lubang itu tampak benar-benar berfungsi sebagai pos komando tentara dan berisi penjaga kehormatan beserta kereta kuda untuk komandan pasukan.

Lubang-lubang itu terletak kurang dari 1 mil ke timur laut dari sebuah makam berbentuk piramida yang dibangun untuk Kaisar Pertama China, Qin Shi Huang (259-210 SM).

Menurut Pusat Warisan Dunia UNESCO, para arkeolog menduga bahwa makam itu mungkin berisi seluruh replika kota Xi'an pada zaman itu, yang dijaga oleh para Tentara Terakota dan untuk melayani Kaisar Qin Shi Huang di akhirat.

Sejarawan percaya bahwa mungkin ada sekitar 700.000 pekerja yang berkerja selama hampir 3 dekade untuk membuat makam Kaisar Qin Shi Huang tersebut.

Baca juga: Kisah Kaisar Qin Shi Huang dan Ramuan Hidup Abadi pada Zaman China Kuno

Fitur wajah Tentara Terakota berbeda

Rincian para Tentara Terkota begitu rumit dan tampak individual, sehingga telah dihipotesiskan bahwa mereka didasarkan pada tentara nyata yang bertugas di pasukan pertahanan Kaisar Qin Shi Huang.

Setiap patung Tentara Terakota memiliki gaya rambut dan fitur yang unik, beberapa memiliki jambul sementara yang lain memiliki janggut, beberapa memiliki topi dan tunik longgar, sementara yang lain memiliki rompi lapis baja dan rambut dikepang.

Mereka memiliki bentuk, ekspresi, dan postur yang berbeda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.